Tafakur

Kesulitan Hidup

Kesulitan hidup kadangkala dirasakan setiap insan. Ada kesulitan karena kekurangan uang atau harta

Kesulitan Hidup

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya” (HR. Muslim).

Kesulitan hidup kadangkala dirasakan setiap insan. Ada kesulitan karena kekurangan uang atau harta, ada juga kesulitan-kesulitan lain seperti jalan keluar dalam suatu masalah. Namun seringkali sebahagian orang mengalami kemudahan dalam menemukan jalan keluar saat menghadapi kesulitan. Seperti yang terjadi pada tiga orang yang terperangkap dalam suatu gua yang pintunya tertutup batu besar sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits.

Lalu ketiga orang yang terperangkap tersebut berdoa sambil menyebutkan kebaikan masing-masing yang pernah dilakukan sebelumnya. Di antaranya pernah memperkerjakan seseorang, tapi pekerjanya pergi entah kemana sebelum mengambil upahnya. Lalu upahnya itu dibelikan hewan peliharaan, yang selanjutnya berkembang biak dalam jumlah yang banyak.

Saat mantan pekerjanya kembali beberapa tahun kemudian, sang mantan majikan yang itu langsung menyerahkan semua upah dan hasil pengembangannya. Setelah menyebut kebaikan itu (mengembalikan hak orang lain), majikan yang saat itu terperangkap melihat batu di mulut gua itu bergeser hingga memberi jalan keluar kepada mereka. Setelah ketiga mereka berdoa, maka mereka bisa keluar.

Begitulah hidup ini. Kalau ikhlas membantu orang lain untuk keluar dari suatu kesulitan hidup, kita akan terbantu saat mengalami suatu kesulitan suatu ketika. Itu janji Allah, yang pasti ditepati. Namun sayangnya, banyak di antara kita yang suka menambah kesulitan orang lain.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help