Agara Fokuskan Bebek Petelur

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) mulai memfokuskan pengembangan bebek petelur

Agara Fokuskan Bebek Petelur
SEJUMLAH peserta serius mendengarkan pengarahan yang disampaikan petugas dari PT Mifa Bersaudara di Sekolah Lapang pembuatan pakan alternatif untuk bebek petelur, Selasa (29/11). 

* Bupati Akan Surati Penghulu Kute

KUTACANE - Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) mulai memfokuskan pengembangan bebek petelur, bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan, Bupati Agara, Drs Raidin Pinim MAP akan menegaskan kembali hal itu melalui surat kepada seluruh Penghulu Kute bahwa dana desa 2018 untuk p-rogram pembelian bebek petelur, bukan beli tanah.

“Saya akan segera layangkan surat ke seluruh penghulu kute tentang program ternak bebek petelur,” kata Raidin, Jumat (4/5). Dikatakan, dana desa 2018, harus diprioritaskan untuk pembelian ternak bebek petelur sekitar Rp 50 juta per desa.

Raidin Pinim kembali menegaskan larangan kepada seluruh Penghulu Kute untuk membeli tanah desa dengan dalih apapun. “Tidak boleh lagi membeli tanah dari dana desa walaupun itu sudah diprogramkan Penghulu Kute dalam APBDes dan kalau sudah diprogramkan, maka harus segera direvisi,” tegasnya.

Bupati Raidin juga mengharapkan Badan Permusyawaratan Kute (BPK) agar melakukan pengawasan lebih selektif terhadap penggunaan dana desa 2018 agar lebih bermanfaat dan tepat sasaran bagi masyarakat. Dia berharap, proram pemberdayaan ekonomi masyarakat ini akan mampu menuntaskan kemiskinan.

Sebelumnya, Bupati Raidin telah meminta seluruh desa di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) yang tersebar di 16 kecamatan harus membeli bebek untuk diternakkan. Bupati Agara, Raidin Pinim MAP telah memerintahkan para penghulu kute dan Badan Permusyawaratan Kute (BPK) mengalokasikan dana desa untuk pembelian ternak bebek petelur sebesar Rp 50 juta/desa.

“Tahun ini, semua desa wajib memprioritaskan pembelian ternak bebek petelur dan sejenisnya yang nantinya dikembangkan oleh masyarakat,” katanya. Dia meminta pihak kecamatan melakukan pemantauan atas program pembelian bebek, sehingga mencapai sasaran, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.(as)

program pemkab
* Desa harus ada ternak bebek petelur
* Dianggarkan Rp 50 juta dari dana desa
* Seluruh desa harus melaksanakan
* Bupati segera kirim surat ke penghulu kute
* Ternak bebek harus diprioritaskan
* Pembelian tanah desa dilarang

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help