Gerai Pasar Modern Lambaro Banyak Tutup

Pasar Modern Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar di Jalan Banda Aceh-Medan yang diresmikan awal 2017

Gerai Pasar Modern  Lambaro Banyak Tutup
SERAMBI/RISKI BINTANG
Pedagang di lantai II Pasar Modern Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar menjajakan dagangannya, Jumat (4/5). SERAMBI/RISKI BINTANG 

BANDA ACEH - Pasar Modern Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar di Jalan Banda Aceh-Medan yang diresmikan awal 2017, hingga kini masih sepi pengunjung. Pasalnya, masih banyak pedagang belum berjualan di pasar milik Pemkab Aceh Besar itu. Gerai rata-rata masih tertutup, meski sudah ada pemiliknya. Sebaliknya masih banyak pedagang pakaian berjualan di pinggir jalan dekat pasar modern tersebut.

Amatan dan informasi dihimpun Serambi di pasar modern itu kemarin, hanya beberapa pedagang pakaian yang membuka gerai dan menjajakan barang dagangan di pasar dimaksud. “Di sini total gerainya kurang lebih sekitar 250, namun yang buka bisa dihitung dengan jari. Di lantai dasar (basement) hanya dua gerai, lantai satu cuma delapan gerai, dan lantai dua hanya delapan gerai yang buka,” kata Samsul (37), pedagang di pasar modern ini.

Samsul meminta Pemkab Aceh Besar selaku pengelola pasar itu agar tegas terhadap pemilik gerai yang tak buka. Misalnya, terhadap pedagang tak berjualan agar mengalihkan gerai tersebut kepada orang lain. Pasalnya, sepi pengunjung selama ini diperkirakan karena masih banyak gerai tutup. Samsul menambahkan hal ini sudah disampaikan ke pihak-pihak terkait di Aceh Besar, termasuk kepada pihak DPRK. Hal senada juga disampaikan Cut Nirmala Sari (21), pedagang pakaian di lantai 1 pasar tersebut.

Amatan Serambi, meski Pemkab Aceh Besar sudah memasang spanduk larangan jualan di luar area pasar tersebut, namun pedagang tetap meminta agar mereka diperbolehkan berdagang di luar atau di lingkungan pasar itu, meski hanya untuk saat ini hingga Lebaran pertengahan Juni 2018. Tujuannya agar lebih memudahkan daya tarik pembeli yang melintasi Jalan Raya Banda Aceh-

Medan itu. “Untuk saat ini kami sedang menunggu bagaimana keputusan Pemkab terhadap permohonan yang kami ajukan itu,” kata Sani, pedagang di pasar tersebut.

Dijumpai di pasar tersebut, seorang pengunjung, Suriana (35) mengatakan kurangnya minat masyarakat berkunjung ke pasar itu karena masih banyak pedagang pakaian berjualan di pinggir jalan kawasan Lambaro yang dekat dengan pasar modern, sehingga pembeli lebih mudah membeli di pinggir jalan daripada harus masuk ke dalam pasar, apalagi yang berjualan di dalam pasar masih sangat sedikit. Seperti diketahui, pasar modern ini dibangun atas kerja sama Kementerian Perdagangan RI dengan Pemkab Aceh Besar. (r/m)

pasar modern lambaro
* Dibangun atas kerja sama Kementerian Perdagangan RI dengan Pemkab Aceh Besar. Peresmian awal 2017
* Terdiri atas tiga lantai, yaitu lantai dasar (basement), lantai satu dan dua. Dari 250 gerai, baru 18 gerai yang buka
* Hingga kini masih sepi pengunjung karena belum banyak pedagang berjualan di pasar modern itu
* Sebaliknya masih banyak pedagang pakaian berjualan di pinggir jalan dekat pasar modern tersebut, sehingga pembeli lebih banyak membeli di pasar non-modern tersebut

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help