Nagan akan Dijadikan Tempat Penangkaran Benih Pangan

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya akan menjadikan daerah itu sebagai salah satu kabupaten penangkaran

Nagan akan Dijadikan Tempat Penangkaran Benih Pangan

NAGAN RAYA - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya akan menjadikan daerah itu sebagai salah satu kabupaten penangkaran benih padi unggul bersertifikat. Sehingga produksi padi di daerah tersebut bisa lebih maksimal. Bupati Nagan Raya, melalui Sekda TR Johari saat membuka acara ‘Gerakan Panen Penangkaran Padi di Kabupaten Nagan Raya’ mengatakan kebutuhan benih padi di daerah itu mencapai 693.125 kg jika dilihat dari luas sawah yaitu 27.725 ha.

Sementara benih yang ada ataubenih yang dihasilkan dari kegiatan perbanyakan benih padi di tingkatpenangkar dan penguatan Desa Mandiri Benih melalui APBA tahun 2018 seluas 80 ha atau sebanyak 320.000 kg. “Jadi dengan demikian masih defisit ±373.125 kg benih. Kekurangan benih tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama yang harus dipenuhi baikmelalui sumber dana APBN, APBK, swadaya maupun swasta,” kata Jamin.

Dia berharap, ke depan Kabupaten Nagan Raya dapat memenuhi kebutuhan benih sendiri tanpa harus mendatang dariluar, salah satu langkah yang arusdiambil adalah dengan peningkatan perluasan areal panen penangkaran baik melalui dana APBN, APBA, APBK maupun swadaya masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh melalui, HabiburrahmanSTP MSc mengatakan perlunya menumbuhkembangkan penangkar benih di daerah yang belum berkembang. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan penangkar benihdalam pengelolaan produksi dan pemasaran benih unggul bersertifikat.

“Sehingga bisa meningkatnya produksi dan penyediaan benih sumber panenan pangan. Kita perlu memotivasi petani untuk menggalakan penggunaan benih unggul bersertifikat,” ujarnya. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help