Naik ke Posisi Kedua

Tuan rumah Persiraja Banda Aceh sukses menambah poin di kandang sendiri setelah mengalahkan Persis Solo, 1-0,

Naik ke Posisi Kedua
SERAMBI/M ANSHAR
Pemain Persiraja Banda Aceh berebut bola dengan pemain dari kesebelasan PERSIS dalam lanjutan Liga 2 Indonesia Musim 2018 di Stadion H Dimurthala, Lampineueng, Banda Aceh, Jumat (11/5/2018) malam. Persiraja menang dengan skor 1-0. SERAMBI/M ANSHAR 

Persiraja 1 vs 0 Persis Solo

BANDA ACEH - Tuan rumah Persiraja Banda Aceh sukses menambah poin di kandang sendiri setelah mengalahkan Persis Solo, 1-0, dalam lanjutan kompetisi Liga 2 Musim 2018 di Stadion H Dimurthala, Lampineung, tadi malam.

Tambahan tiga angka membuat Lantak Laju naik posisi kedua dari peringkat 10. Kemenangan ini akan menjadi bekal untuk melakoni partai tandang ke kandang Persika Karawang, Jawa Barat, di Stadion Singaperbangsa, Selasa (15/5). Sebaliknya Persis harus turun satu strip dari urutan tiga ke keempat.

Gol semata wayang itu tercipta dari kaki kiri Hapidin ketika usia pertandingan baru bergulir dua menit. Hadiah tendangan bebas diberikan wasit Mansyur dari Jakarta, setelah sayap kanan Persiraja, Vivi Asrizal dilanggar pemain tamu.

Mantan top skor kompetisi divisi I tahun 2014 bertugas menendang bola ke gawang Persis Solo. Bola tersebut sempat menyentuh badan pemain lawan sehingga meluncur deras ke dalam gawang tanpa menyentuh tangan penjaga gawang Persis Solo, Galih Sudaryono.

Bagi mantan pemain Persibat Batang dan PSIS Semarang, ini merupakan gol ketiganya. Boleh jadi, semua gol tersebut dilesatkan pemain asal Bandung, Jawa Barat, dari tendangan bebas. Sebelumnya, pada pekan keempat, dia sukses melesatkan sepasang gol ke gawang PSIR Rembang. Dan gol itu juga datang dari tendangan bebas.

Peluang gol kembali terjadi di menit 42. Tendangan bebas Hapidin melewati pemain bawah Persis Solo, namun bola yang meluncur deras mampu ditepis Galih Sudaryono. Hingga laga pertama usai, Lantak Laju unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, pasukan Persis Solo mulai membangun serangan. Sejak menit 63, besutan Jafri Sastra terus membombardir gawang Persiraja. Quarter Persis Solo yang diisi M Widya Wahyu Fitriyanto, Soni Setiawan, Eli Nasoka, dan Ikhwan Azka Fauzi Wibowo membangun serangan, sehingga sangat merepotkan pertahanan Persiraja.

Tekanan yang dibangun Laskar Sambernyawa–julukan Persis Solo-- merepotkan kubu tuan rumah. Sundulan kepala Johan Yoga Utama di menit 73 nyaris membuahkan gol. Namun bola mampu diselamatkan penjaga gawang Persiraja, Rahmanuddin. Permainan di babak kedua berlangsung keras dan memaksa wasit Mansyur mengeluarkan dua kartu kuning untuk Persis Solo, dan tiga kartu kuning untuk Persiraja. Hingga babak kedua berakhir, Persiraja unggul 1-0.

Sebenarnya, pada menit 66, Persis Solo sukses mencetak gol penyeimbang dari aksi Johan Yoga Utama. Sayangnya, gol balasan itu dianulir sang pengadil. Wasit Mansyur menilai striker jangkung Persis Solo lebih dulu off-side. Keputusan itu diprotes keras Wahyu dkk.

Pelatih Persis Solo, Jafri Sastra menerima kekalahan dari Persiraja. Karena, kompetisi menganut sistem home and away, maka ia akan berusaha menuntaskan dendam kepada tuan rumah pada putaran kedua di Stadion Manahan, Solo nanti.

Sementara Pelatih Persiraja, Akhyar Ilyas mengatakan, pertahanan yang dibangun pemain Persis Solo sangat kokoh, sehingga sangat sulit untuk menjebol gawang lawan. Sementara gol yang tercipta dengan memanfaatkan bola mati melalui Hapidin, merupakan sudah dirancang saat latihan. “Di babak kedua, serangan gencar punggawa Persis Solo sangat mengancam pertahaan kami,” katanya.(min)

susunan pemain
PERSIRAJA - Rahmanuddin, Asep Budi Santoso, Victor Pae/Faumi Syahreza, Luis Irsandi, Saddam Hi Tenang, Agus Suhendra, Defri Riski/Rafsanjani, Hapidin/Riki Kurniadi, Mukhlis Nakata, Vivi Asrizal, Fiwi Dwipan

PERSIS SOLO - Galih Sudaryono, Ansor Fauzi, Ikhwan Ciptady Muhammad, Soni Setiawan, Dedi Cahyono Putro/Tri Handoko, Eli Nasoka, Heru Setyawan, M Widya Fitriyanto/Bayu Andra, Oky Dery Anddryan, Johan Yoga Utama, Sunarto/Azka Fauzi

klasemen sementara wilayah barat
1. Semen Padang 4 3 0 1 5-4 9
2. Persiraja 4 2 1 1 4-2 7
3. PSPS Pekanbaru 4 2 1 1 5-5 7
4. Persis Solo 4 2 0 2 7-4 6
5. Persibat Batang 4 1 3 0 4-3 6
6. Persika Karawang 4 1 2 1 6-4 5
7. Perserang Serang 4 1 2 1 5-5 5
8. Aceh United 4 1 2 1 5-7 5
9. Cilegon United 4 1 2 1 3-6 5
10. Persik Kendal 4 1 1 2 6-5 4
11. Persita 4 1 1 2 3-4 4
12. PSIR Rembang 4 0 1 3 3-7 1

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help