Luar Negeri

55 Warga Palestina Tewas, AS Salahkan Hamas

Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih, Raj Shah, menyebut Hamas sengaja merencanakan aksi protes dari warga Palestina yang berujung bentrok

55 Warga Palestina Tewas, AS Salahkan Hamas
AFP / MOHAMMED ABED
Ribuan warga Palestina melarikan diri dari serangan gas air mata yang dilepaskan pasukan Israel di dekat perbatasan di Jalur Gaza pada Senin (14/5/2018). Bentrok terjadi jelang peresmian kedutaan AS di Yerusalem. 

SERAMBINEWS, WASHINGTON DC - Amerika Serikat ( AS) berujar kelompok Hamas bertanggung jawab atas bentrokan yang terjadi Senin (14/5/2018) di Gaza. Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih, Raj Shah, menyebut Hamas sengaja merencanakan aksi protes dari warga Palestina yang berujung bentrok dengan militer Israel.

"Yang bertanggung jawab atas peristiwa yang tragis ini jelas-jelas Hamas," kata Shah dalam pengarahan harian seperti dilaporkan TIME.

"Kami berharap Hamas menghentikan kegiatan yang memanfaatkan situasi sehingga berujung pada kematian tragis," lanjutnya. Shah melanjutkan seperti dikutip dari Vox, Israel mempunyai hak untuk melindungi diri mereka sendiri.

Baca: Terkait Bom Bunuh Diri, Ceramahnya Jadi Sorotan, Ini Penjelasan Ustadz Somad Cara Pelemahan Islam

Baca: Hari Paling Berdarah di Gaza, Pasukan Israel Melukai 2.700 dan Tewaskan 55 Warga Palestina

Baca: BREAKING NEWS - Komentari Soal Bom Surabaya di Facebook, Ibu di Banda Aceh Ditangkap Polisi

"Ini merupakan usaha propaganda yang mengerikan," tambahnya. Sebanyak 55 warga Palestina dilaporkan tewas dalam bentrokan yang disebut paling mematikan sejak kali terakhir terjadi di 2014 itu.

Dari 55 korban tewas, Kementerian Kesehatan Gaza menyebut delapan di antaranya merupakan anak-anak yang berusia di bawah 16 tahun.

Bentrokan yang dilakukan 40.000 warga Palestina di 13 titik sepanjang perbatasan itu terjadi sebelum pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, menyebut keputusan AS membuka kantor kedubes di Yerusalem adalah tindakan ilegal dan provokatif. "Ini sangat tragis, mereka merayakan tindakan ilegalnya, sementara pasukan Israel membunuh dan melukai ribuan penduduk Palestina," kata Mansour.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AS Salahkan Hamas atas Tewasnya 55 Warga Palestina"

 

Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help