Tafakur

Peduli Palestina

Dan jauhilah oleh kalian sifat kikir, karena kikir telah mencelakakan umat sebelum kalian, yang mendorong mereka

Peduli Palestina
AFP / MOHAMMED ABED
Ribuan warga Palestina melarikan diri dari serangan gas air mata yang dilepaskan pasukan Israel di dekat perbatasan di Jalur Gaza pada Senin (14/5/2018). Bentrok terjadi jelang peresmian kedutaan AS di Yerusalem. 

Oleh: Jarjani Usman

“Dan jauhilah oleh kalian sifat kikir, karena kikir telah mencelakakan umat sebelum kalian, yang mendorong mereka untuk menumpahkan darah dan menghalalkan apa-apa yang diharamkan bagi mereka” (HR. Muslim).

Di saat sebahagian orang tega memperebutkan hak-hak orang lain, masih ada segelintir orang yang rela menyisihkan sebahagiannya untuk membantu sesama. Seperti orang-orang yang berusaha membantu menghidupi dapur orang-orang Palestina yang kini terhimpit dan hidup susah akibat serangan-serangan penjajah Zionis.

Harus diakui, orang-orang demikian sungguh berhati mulia karena mampu merasakan bagaimana menderitanya saudara-saudaranya yang hidup dalam kepungan perang. Bila seseorang sudah dikaruniai hati mulia, membantu orang lain, lebih-lebih saudara seiman, akan terasa mudah. Lagipula Allah telah berjanji akan membalas setiap kebaikan yang dilakukan untuk orang lain. Dengan demikian, membantu orang lain sama dengan membantu diri sendiri.

Orang-orang yang berhati mulia tidak kikir walaupun sedang tidak (semua) kaya. Kalau yang namanya orang kikir, di saat sedang kaya pun masih berat hati untuk berinfak di jalan yang benar. Rasulullah SAW berdoa agar kita dijauhkan dari sifat kikir (HR. Bukhari). Kikir itu berbahaya, karena bisa menimbulkan perbuatan-perbuatan jahat. Kikir juga bisa menjauhkan diri dari iman, karena “Sifat kikir dan iman tidak akan berkumpul dalam hati seseorang selama-lamanya” (HR. Ahmad).

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help