Hidupkan Ibadah Selama Ramadhan, Akademi Dakwah Kirim Kafilah ke Perbatasan dan Pedalaman Aceh

Dai-dai yang dikirim ke perbatasan merupakan mahasiswa yang berasal dari daerah tersebut.

Hidupkan Ibadah Selama Ramadhan, Akademi Dakwah Kirim Kafilah ke Perbatasan dan Pedalaman Aceh
ist
Direktur ADI Aceh, Dr Muhammad AR MEd menyerahkan secara simbolis surat tugas kepada perwakilan kafilah dakwah di Markaz Dewan Dakwah Aceh, Gampong Rumpet, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Senin (14/5). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh mengirimkan 22 mahasiswa yang tergabung dalam ‘Kafilah Dakwah Ramadhan’, ke sejumlah daerah perbatasan dan pedalaman di Aceh selama ramadhan.

Pelepasan para dai dilakukan secara bertahap sejak Senin (14/5/2018) ke sejumlah daerah yakni Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Simeulue.

Direktur ADI Aceh, Dr Muhammad AR MEd, Rabu (16/5/2018) mengatakan, pengiriman mahasiswa binaan Dewan Dakwah Aceh (DDA) itu untuk menghidupkan Ramadhan di daerah-daerah yang kurang mendapatkan dakwah.

“Selama Ramadhan, mereka akan menjadi imam shalat tarawih, khatib Jum’at, penceramah Ramadhan, mengajar di TPA dan pesantren kilat, serta membimbing tahsin Alquran,” kata Muhammad.

Baca: Warga Abdya Minta tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadhan, Ini Kata Manajer PLN Blangpidie

Dia mengatakan, dai-dai yang dikirim ke perbatasan merupakan mahasiswa yang berasal dari daerah tersebut.

Hal itu dilakukan agar mahasiswa terbiasa menghadapi situasi seperti itu, sebab setelah selesai kuliah mereka juga akan berkontribusi lebih besar di daerahnya.

“Seusai pendidikan S1 dan S2, mereka akan kembali ke daerah asalnya untuk mengabdi di daerahnya,” kata dosen UIN Ar-Raniry itu.

Ditambahkan, sebelum berangkat para mahasiswa telah mengikuti pembekalan di Markaz DDA di Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.

Ketua Umum DDA, Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA mengatakan, program dai perbatasan itu merupakan bentuk partisipasi dan komitmen DDA dalam mengawal daerah perbatasan dan pedalaman Aceh dari hal yang tidak diinginkan. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help