Home »

Bisnis

» Mikro

Sekda Aceh Pastikan Ketersediaan Pangan

Sekretaris Daerah Aceh, Drs Dermawan MM bersama rombongan meninjau pasar Induk Lambaro, Aceh Besar

Sekda Aceh Pastikan Ketersediaan Pangan
SEKDA Aceh, Dermawan dan sejumlah kepala SKPA meninjau stok bahan pokok di Pasar Lambaro, Aceh Besar, Selasa (15/5). 

BANDA ACEH - Sekretaris Daerah Aceh, Drs Dermawan MM bersama rombongan meninjau pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Gudang Bulog, dan Gudang Gula PT Kande Agung, Selasa (15/5). Kegiatan rutin setiap jelang Ramadhan ini untuk memastikan ketersedian pangan selama bulan suci ini.

Para pejabat Aceh turut mendampingi Sekda saat peninjauan ini, antara lain Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Drs Raudi, Kepala Dinas Pangan, Dr Ilyas, Kepala Biro Perekonomian, Amirullah Msi serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pasar Induk Lambaro menjadi lokasi pertama yang ditinjau Sekda Dermawan. Beberapa kebutuhan pokok seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih dan beberapa komoditas lainnya dipastikan aman dan mampu memenuhi permintaan masyarakat selama bulan Ramadhan.

Untuk harga cabai merah berkisar Rp 25.000-30.000/kg, bawang merah 35 ribu, dan bawang putih Rp 18 ribu. Sedangkan harga daging di Pasar Lambaro kemarin, Rp 150 ribu/kg.

Dari Pasar lambaro, Dermawan menuju ke Gudang Bulog untuk melihat ketersediaan beras, tepung, gula dan minyak.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Aceh Basirun, mengatakan, stok beras di gudang saat ini sekitar 3.600 ton, tepung 1.500 ton, gula 89 ton, dan minyak 11.000 liter. Untuk stok beras dipastikan cukup untuk delapan bulan kedepan.

Usai meninjau Gudang Bulog, Dermawan meninjau stok gula di Gudang gula PT Kande Agung di Luengbata. Stok gula yang berada di Gudang PT Kande Agung mencapai 2.475 Ton, dan akan dipasok lagi sebesar 1.100 ton pada bulan Ramadhan nanti.

Dermawan usai melakukan peninjauan mengatakan bahwa seluruh kebutuhan pokok, mulai dari beras, gula, tepung, minyak dan kebutuhan pokok lainnya sampai saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan. Harga daging juga diperkirakan stabil berkisar pada harga 150 ribu rupiah perkilogram.

Berdasarkan hasil pemantauan harga beberapa barang kebutuhan pokok pangan masyarakat di Kota Banda Aceh pada tanggal 15 Mei, beberapa kebutuhan seperti beras, gula, dan minyak tidak jauh berbeda dengan Harga Eceran Tertinggi, Bahkan beberapa komoditas di bawah HET.

HET beras premium Rp 13.330/kg dan beras medium Rp 9.950/kg. Sedangkan harga beras di pasar berkisar Rp 8.300/kg hingga Rp 13.200. Harga tersebut di bawah HET. Untuk minyak goreng, HET kemasan sederhana Rp. 11.000/liter dan minyak goreng spesial Rp 12. 500. Sedangkan harga minyak goreng tanpa merek di pasar sampai hari ini berada di harga Rp.12.000 dan yang bermerek Bimoli Rp 15.000. Adapun harga gula Rp 12.000 atau lebih murah dari HET Rp.12.500/kg. (rel/sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help