Tafakur

Kebun Ramadhan

Dan perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya karena mencari kerizaan Allah dan untuk keteguhan

Kebun Ramadhan
IST

Oleh: Jarjani Usman

“Dan perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya karena mencari kerizaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat” (QS. Al Baqarah: 265).

Siapapun tentunya akan merasa gembira bila harta yang dibelanjakan untuk keperluan diri sendiri dan membantu orang lain, dibalas dengan pahala berlipat ganda. Hal itu sangat memungkinkan, lebih-lebih dilakukan di bulan suci Ramadhan.

Apalagi kini di bulan Ramadhan banyak kegiatan pembinaan jiwa atau rohani generasi muda dan orang-orang dewasa telah digagas dan dijalankan di mana-mana, seperti program hafal Alquran, tadarus, ceramah, dan lain-lain. Program-program yang sangat jelas bertujuan mulia itu tentunya akan semakin bergairah dan sukses bila mendapat dukungan infaq banyak orang. Sungguh sangat besar pahalanya bagi orang yang ikut menyumbang, bila sebahagian kecil saja anak yang sukses menghafal Alquran, misalnya, apalagi kalau banyak dan semuanya.

Karena itu, sepatutnya kita menjadikan program-program pembinaan keimanan dan ketakwaan masyarakat itu sebagai kesempatan menanam di kebun Ramadhan yang sangat subur. Insya Allah kita akan memetik buah (pahala)nya berkali lipat.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help