Ulama Palestina Safari Ramadhan di Aceh

Tiga ulama Palestina didampingi Komite Nasional Rakyat untuk Palestina (KNRP) Aceh, Rabu (16/5), mengunjungi

Ulama Palestina Safari Ramadhan di Aceh
PEMIMPIN Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din bersama Sekretaris Redaksi, Bukhari M Ali menerima pengalungan syal oleh dua ulama Palestina, saat berkunjung ke Kantor Harian Serambi Indonesia, di Desa Meunasah Manyang, Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (16/5). 

BANDA ACEH - Tiga ulama Palestina didampingi Komite Nasional Rakyat untuk Palestina (KNRP) Aceh, Rabu (16/5), mengunjungi Kantor Harian Serambi Indonesia, di Desa Meunasah Manyang, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Kunjungan ketiga ulama dalam rangka safari Ramadhan ke Aceh itu diterima Pimpinan Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din dan Sekretaris Redaksi, Bukhari M Ali.

“Kunjungan syeikh dari Palestina ke Aceh ini dalam rangka safari Ramadhan. Tahun ini kami mendatangkan tiga syeikh yaitu Syeikh Barjas Daud Shalih El Anwar, Mahmud Abdul Azis Abderraboh Banat, dan Syeikh Muhammad Mahmud Husein Al-Syorman,” jelas Ketua KNRP Aceh, Tgk Makhyaruddin, dalam pertemuan itu.

Didampingi penerjemah, H Afrial Hidayat Lc MA, ia menjelaskan, Syeikh Muhammad Mahmud akan melakukan kunjungan ke Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, dan Simeulue.

Sementara Syeikh Barjas Daud mengunjungi Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, dan Bireuen. Sedangkan Syeikh Mahmud Abdul Azis akan mengisi safari Ramadhan ke Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

Tgk Makhyaruddin menyebutkan, safari Ramadhan ketiga ulama Palestina itu akan berlangsung pada 1-15 Ramadhan atau 17-31 Mei 2018. Kegiatan tersebut, menurutnya, akan diisi dengan penyampaian tausiah, pemutaran film Palestina, edukasi dan dialog, penggalangan dana, dan pemberian souvenir Palestina.

Menurut Makhyaruddin, safari Ramadhan itu merupakan agenda tahunan KNRP. Ditambahkan, ini bukan kali pertama bagi para syeikh dari Palestina datang ke Indonesia, terutama Aceh.

“Karena kita seiman, tentu kami akan mengambil peran dalam safari Ramadhan ketiga syeikh ini dalam bentuk pemberitaan, serta berdoa agar Palestina segera terbebas dari jajahan zionis Israel,” imbuh Sekretaris Redaksi Serambi Indonesia, Bukhari M Ali.

Pada kesempatan itu, Syeikh Barjas Daud Shalih El Anwar membeberkan kondisi terkini Palestina. Menurutnya, rakyat Palestina menuntut kembalinya tanah mereka lewat aksi ‘Jalan Kembali ke Kampung Halaman’, agar terbebas dari jajahan Israel. Meskipun garis perjuangan kelompok-kelompok di sana berbeda, namun tujuannya sama.

“Saya bertemu dengan seorang ibu dan dia bertanya, kenapa tidak keluar saja dari Palestina? Saya jawab kalau kami keluar siapa yang akan mempertahankan Masjid Al Aqsa? Kalau kami keluar apa ada harapan sudah bisa kembali?,” beber Syeikh Barjas Daud dalam Bahasa Arab yang diterjemahkan oleh H Afrial Hidayat Lc MA.

Ia menambahkan, 70 tahun lalu rakyat Palestina hidup damai di negerinya, meski dengan agama yang berbeda. Hingga akhirnya Yahudi datang dan mengusir mereka dari negeri sendiri. Tindakan Israel tersebut jelas penjajahan dan dukungan Amerika Serikat yang menguasai pemberitaan sangat berpengaruh.

Untuk itu, Syeikh Barjas menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, rakyat, dan pers Indonesia sebagai komunitas muslim besar dunia. Ia juga menyerukan dukungan dan menggalakkan bantuan kepada Palestina sebagai wujud solidaritas sesama muslim.(rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help