Lintas Bireuen-Takengon Membahayakan

Ruas jalan lintas tengah Aceh yang menghubungkan Bireuen ke Takengon dan Bener Meriah cukup

Lintas Bireuen-Takengon Membahayakan
BADAN jalan lintas Bireuen-Takengon di Km 19 longsor sejak sebulan lalu, sehingga membahayakan pengguna jalan, Kamis (17/5). 

* Dua Titik Badan Jalan Amblas

BIREUEN - Ruas jalan lintas tengah Aceh yang menghubungkan Bireuen ke Takengon dan Bener Meriah cukup membahayakan bagi pengendara, khususnya pada malam hari. Sebab, dua titik badan jalan yakni di kilometer (Km) 12 dan 19 yang masuk dalam kawasan Kecamatan Juli, Bireuen, amblas pada ujung jembatan sebelah timur.

Bahkan, imbas dari amblasnya badan jalan d Km 12 tersebut, beberapa hari lalu satu unit bus berbadan besar sempat tersangkut bagian bawahnya sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan hampir dua jam. Sedangkan di Km 19, terjadi kerusakan pada birem jalan sejak sebulan lalu dan belum diperbaiki hingga sekarang, meski sudah dipasang police line pada lokasi itu.

“Jika kerusakan ruas jalan Bireuen-Takengon pada beberapa titik itu, terutama di Km 12 dan 19 tidak segera diperbaki, dikhawatirkan kerusakannya akan melebar dan semakin membahayakan pengendara,” kata Rusli, seorang sopir truk angkutan barang yang sering melintasi jalur tersebut kepada Serambi, Kamis (17/5) kemarin.

Dia mengungkapkan, kerusakan jalan pada beberapa titik sebenarnya sudah diperbaiki dan dipasang tanda bahaya. Namun begitu, ucap warga, masih ada sejumlah titik yang belum tersentuh perbaikan. “Yang paling membahayakan adalah kerusakan di Km 12 karena badan jalan amblas tepat di ujung jembatan, apalagi di situ juga terdapat tikungan yang sangat riskan bagi pengendara,” ulasnya.

Untuk titik kerusakan berupa amblasnya birem jalan Km 19, paparnya, masih bisa dilewati semua jenis kenderaan. “Tetapi, apabila terjadi banjir susulan atau hujan deras, maka kemungkinan badan jalan tersebut akan amblas ke sungai dan bisa menyebabkan terputusnya akses jalan Bireuen-Takengon,” tukas dia.

Sementara itu, Panitia Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Bireuen-Takengon, Hengki Hernawan yang dikonfirmasi wartawan, kemarin, mengatakan, perbaikan kerusakan di beberapa tempat lintasan Bireuen-Takengon, sudah diprogramkan dan kini tinggal menunggu revisi anggaran. “Sudah kita programkan tahun ini, tapi masih menunggu ijin dari Jakarta untuk revisi dana. Mudah-mudahan, bisa tetap ditangani pada tahun ini,” jelasnya.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved