Siska Wakili Indonesia ke Rusia

Siska Andesti, siswi SMK Negeri 1 Banda Aceh yang merupakan peraih medali emas bidang lomba

Siska Wakili Indonesia ke Rusia
Siska Andesti

* Ajang World Skill Competition (WSC) 2019

BANDA ACEH - Siska Andesti, siswi SMK Negeri 1 Banda Aceh yang merupakan peraih medali emas bidang lomba Tourist Industry (TI) pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang berakhir 12 Mei 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terpilih untuk mewakili Indonesia ke ajang World Skill Competition (WSC) yang akan dihelat di Rusia pada tahun 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Syaridin MPd, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK, Teuku Miftahuddin MPd kepada Serambi, Kamis (17/5), mengatakan, Siska Andesti akan berangkat ke ‘Negeri Beruang Merah’ itu bersama sejumlah juara LKS Nasional 2018 lainnya. Menurut T Miftahuddin, keberhasilan siswi kelahiran Banda Aceh itu sangat membanggakan, sekaligus mengharumkan nama dunia pendidikan Aceh.

Oleh sebab itu, papar dia, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada siswi berprestasi tersebut dan juga pembimbingnya Nurkhamisah MEd yang tak lain adalah guru di sekolah Siska mengenyam pendidikan. “Ini perlu kita apresiasi atas prestasi yang telah diraih anak didik kita. Apalagi, untuk melaju ke even tingkat internasional di Rusia itu, dia harus bersaing dengan siswa terbaik dari 33 provinsi yang ada di Tanah Air,” ucapnya bangga.

Dia menambahkan, prestasi yang ditoreh Siska Andesti menjadi penyemangat bagi dunia pendidikan di Aceh. Terlebih lagi, Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Irwandi-Nova, mempunyai program unggulan di bidang pendidikan yakni, ‘Aceh Carong’ (Aceh Pintar). “Sehingga, ke depan Aceh semakin diperhitungkan di berbagai even yang diselenggarakan secara nasional maupun internasional,” tuturnya.

Di sisi lain, Teuku Miftahuddin menekankan, meski telah berhasil lolos ke even tingkat internasional, Siska tidak boleh cepat berpuas diri, apalagi jika sampai menyurutkan semangatnya untuk terus belajar. “Justru sebaliknya, dengan prestasi yang diraihnya ini, Siska dan siswa Aceh lainnya harus makin meningkatkan lagi semangat belajar. Targetnya agar dunia pendidikan Aceh terus bangkit dan mampu bersaing dengan berbagai provinsi yang ada di Indonesia,” tukasnya.

Selain Siska Andesti, beber T Miftahuddin, Aceh juga berhasil merebut satu medali perunggu lewat Mahmuda Husna, siswa kelas III SMK Negeri 2 Karang Baru, Aceh Tamiang. Siswa asuhan Rajudin SST itu meraih gelar juara III pada lomba Refrigeration and Air Conditioning. Dirincikannya, selain meraih dua medali pada LKS tingkat nasional, 18 siswa Aceh lainnya juga masuk dalam kategori memperoleh nilai terbaik dengan perolehan Medali of Exelence (MfE).(sir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help