millenials

Meski Rajut Bukan Barang Baru, Karzel Tetap Punya Cara Mengkreasikannya Agar Tetap Menawan

Berawal dari sekedar hobi, ia lantas menerima aneka pesanan rajut seperti tas, taplak meja, syal, topi, sepatu, hingga selimut...

Meski Rajut Bukan Barang Baru, Karzel Tetap Punya Cara Mengkreasikannya Agar Tetap Menawan
SERAMBINEWS.COM/HARI MAHARDIKA
Karzeliana 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Tak lekang oleh waktu. Begitulah kalimat yang tepat untuk disematkan pada sehelai rajut. Si lawas nan menawan. Pesona rajut yang tak hilang ditelan zaman, membuat Karzeliana terpikat.

Berawal dari kegemaran orang tua, cewek yang juga berprofesi sebagai pengajar piano ini pun menuruni bakat sang ibu. Merawat kerajinan tangan dari generasi ke generasi.

"Sebagian orang suka produk handmade, kalau  dapat handmade itu beda. Itu sama kayak tas bahan kulit dengan tas bahan kanvas biasa. Dibuat langsung oleh pengrajin," beber Karzeliana.

Cewek yang akrab disapa Karzel ini menjelaskan, padu padan warna adalah kunci dalam merajut. Cewek yang mengidolakan desainer muslim, Dian Pelangi ini mengaku berkenalan dengan rajut pada 2007.

Berawal dari sekedar hobi, ia lantas menerima aneka pesanan rajut seperti tas, taplak meja, syal, topi, sepatu, hingga selimut. Dibanderol mulai Rp 10 ribu - Rp jutaan, ia menerima orderan sesuai request dan juga menyediakan produk jadi. Mau pesan atau langsung beli? Bisa.

Untuk benang yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan. Sebut saja untuk syal dan topi bayi menggunakan benang akrilik, karena teksturnya yang lembut. Sedang untuk topi orang dewasa menggunakan benang katun Bali yang mempunyai bahan semi lembut dan keras.

Adapun untuk bahan tas, menggunakan benang polyester karena kuat. Untuk waktu pengerjaan bisa mulai hitungan jam, hingga hitungan hari. Karzel mengaku, banyak mendapat inspirasi motif rajut dari youtube maupun buku panduan.

"Rajut lebih klasik, dulu zaman ibu kita rajut populer. Seiring perkembangan zaman itu ditinggalkan. Ada saatnya orang kepingin lagi balik ke rajut, Jadi musiman juga, orang udah bosan dengan produk biasa, balik ke rajut lagi," imbuhnya. (rul)

Biodata:

Nama: Karzeliana (Karzel)

Ttl: Lhokseumawe, 15 Juli 1987

Alamat: Beurawe, Banda Aceh

Profesi: Wiraswasta, guru piano

Hobi: Merajut, main piano

Instagram: @handmadesouvenir

Editor: Eddy Fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help