Ramadhan Mubarak

Kewajiban Menjaga Kamtibmas

RAMADHAN adalah bulan penuh rahmat dan berkah, karena pada bulan ini setiap amal ibadah yang kita kerjakan

Kewajiban Menjaga Kamtibmas
Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak, Kepala Kepolisian Daerah Aceh

Oleh Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak, Kepala Kepolisian Daerah Aceh

RAMADHAN adalah bulan penuh rahmat dan berkah, karena pada bulan ini setiap amal ibadah yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya. Ramadhan bulan yang mulia, bulan yang memiliki kelebihan dari bulan-bulan yang lainnya. Di bulan ini, Allah Swt membuka pintu ampunan selebar-lebarnya bagi hamba-hamba yang benar-benar bertaubat dan ber-’ubudiyah kepada-Nya.

Pada bulan Ramadhan ini, kita juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan hablumminallah sebagai hubungan vertikal dengan memperbanyak amal ibadah, dan hablumminannas sebagai hubungan horizontal dengan saling berinteraksi serta bersilaturahmi dalam berbagai aktivitas pribadi maupun dalam bermasyarakat.

Alhamdulillah, sampai saat ini masyarakat di Provinsi Aceh masih dapat melaksanakan ibadah puasa dalam situasi dan kondisi kamtibmas yang stabil, aman dan kondusif. Dengan kondisi tersebut, diharapkan dapat kita manfaatkan untuk beribadah dengan kusyu’ dan nyaman, sehingga kualitas ibadah yang kita kerjakan akan benar-benar diridhai dan memperoleh pahala berlimpah dari Allah Swt.

Tidak sama
Kondisi keamanan di setiap daerah, tentunya tidak sama, masing-masing memiliki tingkat kriminalitas dan gangguan ketertiban masyarakat yang berbeda. Berkaitan dengan hal tersebut, berdasarkan UU No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam pertimbangan huruf B ditegaskan “Bahwa pemeliharaan keamanan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara yang dibantu oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia”.

Peran dan kewajiban masyarakat dalam usaha pertahanan dan keamanan negara untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusiftersebut sudah diatur dalam perubahan Kedua UUD 1945 pada Bab XII Pasal 30 ayat (1) dan (2), disebutkan: 1. Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara; 2. Untuk pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.

Dari ketentuan perundang-undangan tersebut, menjelaskan kepada kita bahwaseluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia juga memiliki peran penting dalam menciptakan ketertiban dan keamanan negara dan masyarakat. Sebagai warga masyarakat kita mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan dan ketertiban didalam lingkup lingkungan masyarakat, untuk membangun kebersamaan dan kepedulian selaku warga negara terhadap keamanan di lingkungan masing-masing. Beban memelihara keamanan dan ketertiban tersebut bukan hanya tanggung jawab Polri semata, akan tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama seluruh warga negara Indonesia.

Satu metode yang sangat efektif dalam menampilkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap keamanan lingkungan adalah penerapan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) melalui Pos Kamling/Pos Ronda, dalam hal ini masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing.

Pos Kamling/Pos Ronda terbukti efektif dalam menekan dan mengatasi terjadinya kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan tersebut berkewajiban untuk peduli dan ikut andil, serta menjadi pionir dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.

Selain itu, untuk mewujudkan rasa aman dan kondusivitas suatu lingkungan juga tidak terlepas dari dua unsur utama yaitu adanya tertib dan teratur. Ketertiban dan keteraturan adalah instrumen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, begitu juga halnya dalam kapasitas sebagai seorang muslim. Dua unsur tersebut menjadi seperangkat aturan yang mengatur hubungan vertikal dan horizontal.

Aturan-aturan tersebut telah mengatur secara terperinci setiap tatanan kehidupan umat Islam dalam bingkai syariatnya, termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya dapat kita lihat dalam tata cara beribadah. Shalat, misalnya, tata tertib adalah rukun yang sangat vital, yang dimulai dengan niat hingga seterusnya sampai salam, semua harus dilakukan dengan tertib dan teratur sesuai dengan sunnah.

Begitu juga halnya komitmen dalam hidup bernegara, sepatutnya menjadikan kita lebih tertib dan patuh pada ketentuan yang ada. Praktik shalat tersebut adalah miniatur dari sistem pemerintahan dalam syariat Islam. Jika setiap pribadi muslim menjiwai nilai yang terkandung di dalamnya, insya Allah akan menjadi warga yang baik dalam komunitasnya.

Suatu keharusan
Dengan demikian, ketertiban dan keteraturan adalah suatu keharusan yang harus dimiliki oleh setiap pribadi muslim. Bulan Ramadhan ini adalah momentum yang tepat untuk introspeksi diri dan saling mengingatkan serta seiring bahu-membahu menyatukan langkah untuk amar ma’ruf nahi munkar sebagaimana makna dari destinasi berpuasa, yaitu menjadi pribadi yang muttaqin.

Intisari dari beberapa uraian tersebut dapat kita simpulkan, bahwa setiap warga negara dan terutama sebagai seorang muslim mempunyai rasa tanggung jawab untuk saling bahu-membahu dalam membangun kebersamaan, guna mengantisipasi segala bentuk kejahatan/kemungkaran yang terjadi di lingkungannya masing-masing.

Melalui bulan Ramadhan yang mulia ini, marilah kita benar-benar menempa kepribadian kita untuk menjadi “pelopor” kamtibmas bagi diri kita sendiri dan juga lingkungan. Mari kita bangun rasa ukhuwah islamiah demi terciptanya masyarakat yang aman, tenteram, tertib dan damai, sehingga jadilah negeri ini yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved