Delapan Doktor Mendaftar Jadi Balon Rektor Unimal

Pemilihan rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara untuk periode 2018-2022 diikuti

Delapan Doktor Mendaftar Jadi Balon Rektor Unimal
IST
Daftar delapan bakal calon rektor Unimal Lhokseumawe. 

LHOKSEUMAWE – Pemilihan rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara untuk periode 2018-2022 diikuti oleh delapan doktor, semuanya dosen di lingkungan Unimal. Tiga di antara mereka akan bersaing ketat untuk memenangi pemilihan yang dijadwalkan berlangsung 13 Agustus 2018.

Informasi yang dihimpun Serambi, ke-8 bakal calon (balon) rektor Unimal tersebut yang mendaftar hingga batas akhir pendaftaran pada Jumat, 25 Mei 2018 masing-masing Dr Ir Wesli MT (dosen Fakultas Teknik), Dr Rusydi SE MSi (dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Iskandar Zulkarnaen SE MSi PhD (dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Dr Asnawi SE MSi (dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr Herman Fithra ST MT (dosen Fakultas Teknik), Dr Suadi MSi (dosen Fakultas Ilmu Sosial dan dan Ilmu Politik), Dr Marbawi SE MM (dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Dr Muammar Khadafi SE MSi AkCA (dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

“Jadi masa pendaftaran sudah kita tutup dengan jumlah pendaftar delapan orang. Tahapan selanjutnya adalah verifikasi. Panitia akan memverifikasi semua berkas balon, salah satunya adalah membuat dan menyerahkan laporan harta kekayaan pejabat negara ke KPK,” ujar Ketua Panitia, Dr Mukhlis kepada Serambi, Sabtu (26/5).

Hasil verifikasi berkas terhadap delapan balon rektor Unimal, kata Mukhlis akan disampaikan kepada senat untuk ditentukan dan ditetapkan tiga calon rektor. “Jadi setelah proses verifikasi administrasi selesai, senat yang akan menentukan tiga calon rektor dari delapan bakal calon yang mendaftar tersebut,” katanya.

Selanjutnya, kata Mukhlis, masing-masing calon juga menyerahkan program kerja serta visi dan misi yang disampaikan di hadapan senat yang juga dihadiri pejabat dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Setelah itu barulah ditetapkan tiga calon dan kemudian diserahkan kepada Kemenristek Dikti.

“Untuk pemilihan tiga calon rektor tersebut kita jadwalkan pada Agustus mendatang. Sedangkan tahapan terakhir adalah pelantikan yang kita jadwalkan pada 14 Oktober atau pada hari berakhirnya masa jabatan rektor sekarang,” pungkas Mukhlis.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Malikussaleh (BEM Unimal), Muslem Hamidi kepada Serambi menyebutkan, panitia harus benar-benar jeli dalam memverifikasi berkas delapan balon rektor Unimal yang sudah mendaftar sehingga mereka yang ditetapkan sebagai calon rektor akan terpenuhi semua persyaratan.

“Dalam Permenristek Dikti juga sudah diingatkan, bila kemudian ada temuan dalam proses pemilihan, maka menteri dapat memberhentikan rektor. Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi di Unimal,” tandas Muslem Hamidi. (jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help