SD-SMP Banda Aceh Disiapkan Menuju ISO 9001/2015

“Mau tidak mau, pada saatnya nanti SD dan SMP di Banda Aceh harus ber-ISO 9001-2015.

SD-SMP Banda Aceh Disiapkan Menuju ISO 9001/2015
SERAMBINEWS.COM/NASIR YUSUF
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dr Saminan Ismail MPd, Senin (28/5/2018) memantau pelaksanaan pelatihan Tenaga Perpustakaan Sekolah Dasar yang sedang dilatih di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. 

Laporan  M Nasir Yusuf  | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pemko Banda Aceh akan segera merintis Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banda Aceh menuju ISO 9001/2015.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dr Saminan Ismail, MPd, Senin (27/5/2018) di sela-sela peninjauan pelaksanaan pelatihan tenaga perpustakaan Sekolah Dasar yang di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

“Mau tidak mau, pada saatnya nanti SD dan SMP di Banda Aceh harus ber-ISO 9001-2015. Ini bagian dari tuntutan masyarakat Banda Aceh yang mengharapkan pendidikan anaknya di masa mendatang semakin berkualitas,” kata Saminan.

Sebelum menuju ISO 9001-2015, tambah Saminan Ismail, pihaknya akan membenahi tenaga perpustakaan di semua jenjang sekolah, SD dan SMP yang ada di Banda Aceh.

Untuk pembenahan tenaga perpustakaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Universitas Syiah Kuala.

Baca: SMPN 19 Percontohan Juara Umum FLS2N Banda Aceh

“Untuk tahap pertama, tahun 2018 ini, pihaknya melatih sebanyak 120 tenaga pengelolaan perpustakaan, terdiri 30 tenaga perpustakaan SMP dan 90 tenaga perpustakaan SD,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh.

Kenapa harus perpustakaan?

Menurut Saminan, ini semua sesuai dengan program duet Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Wakil Walikota, Drs Zainanl Arifin, yang mengharapkan Banda Aceh menjadi salah satu pusat pendidikan berkarakter dan islami di Tanah Air.

Kenapa Ayat pertama dalam al-Quran yang diturunkan Allah, Iqra? Ya karena Nabi Muhammad SAW diajarkan untuk membaca.

Jadi pembenahan tenaga pengelola perpustakaan itu, dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa di SD dan SMP yang ada di Banda Aceh.

Perpustakaan Berakreditasi A

Kadis Dikbud Banda Aceh, Saminan Ismail yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Sabri TS, menambahkan pihaknya memilih pelatihan tenaga perpustakaan di Unsyiah, karena Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Unsyiah saat ini merupakan salah satu perpustakaan yang berakreditasi A.

Hal ini juga diakui Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah, Taufik.

Dikatakan, perpustakaan yang berada di antara Biro Rektor Unsyiah dan Masjid Kampus telah melatih banyak tenaga perpustakaan di Aceh dan luar Aceh. (*)

Penulis: Nasir Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help