27 Bacalon DPD Lolos Administrasi

Sebanyak 27 bakal calon (bacalon) DPD RI dari 28 orang yang diverifikasi oleh Komisi Independen Pemilihan

27 Bacalon DPD Lolos Administrasi
ILHAM SAPUTRA, Komisioner KPU 

BANDA ACEH - Sebanyak 27 bakal calon (bacalon) DPD RI dari 28 orang yang diverifikasi oleh Komisi Independen Pemilihan Independen (KIP) Aceh dinyatakan lolos administrasi. Mereka dinyatakan telah memenuhi syarat dukungan.

Pengumuman terhadap hasil verifikasi tersebut disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Senin (28/5), dalam rapat pleno terbuka penentuan sampel dukungan pemilih perseorangan calon peserta Pemilihan Umum Anggota DPD Aceh tahun 2019, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh. Nama-nama mereka (27 orang) dibacakan oleh Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Untuk diketahui, ini merupakan penguman kedua terkait hasil verifikasi administrasi calon DPD asal Aceh. Pengumuman pertama dilakukan oleh KIP Aceh pada akhir April kemarin. Dalam pengumuman pertama itu, sebanyak 16 orang yang dinyatakan lolos. Sedangkan sisanya 12 orang lagi belum memenuhi syarat.

Ke-12 orang tersebut tidak mampu memenuhi syarat dukungan sebagaimana ditentukan, yaitu sebanyak 2.000 lembar foto kopi KTP yang tersebar minimal 50 persen dari jumlah kabupaten/kota yang ada di Aceh.

Terhadap mereka yang tidak lolos tersebut diberi kesempatan untuk memperbaiki syarat dukungan hingga 24 Mei 2018, bertepatan dengan pengumuman tahap kedua.

Namun pengumuman terhadap 12 orang itu batal terlaksana karena KPU RI mengambil alih tugas dan wewenang KIP Aceh seiring dengan berakhirnya masa jabatan komisioner KIP Aceh yang lama (Ridwan hadi Cs).

Tanggal 25 Mei, KPU melakukan pleno verifikasi hasil perbaikan 12 bacalon DPD asal Aceh di Jakarta. Dalam pleno itu ditetapkan sebanyak 11 orang memenuhi syarat dan satu orang tidak memenuhi syarat.

Dengan demikian, jika dijumlahkan dengan jumlah yang diumumkan sebelumnya sebanyak 16 orang, maka total jumlah bacalon DPD asal Aceh yang lolos seleksi administrasi sebanyak 27 orang.

Ke-27 nama itu akan diverifikasi faktual oleh KIP kabupaten/kota sejak 29 Mei 2018. Baru setelah itu akan diumumkan nama-nama bacalon yang boleh mendaftar sebagai calon DPD RI pada Pileg 2019 mendatang.

Dalam rapat pleno KPU Senin kemarin di Hermes Palace Hotel, tim LO dari salah satu bakal calon DPD RI mempertanyakan mengapa mereka yang sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat tidak dipanggil untuk menghadiri rapat pleno verifikasi hasil perbaikan?.

“Ini tolong dijelaskan, kenapa kami yang 12 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat kemarin tidak langsung dipanggil untuk pleno sampel? Apakah hasil perbaikan kami telah memenuhi syarat? Kok tidak ada plenonya?,” tanya tim LO itu.

Lalu, Ilham Saputra menjawab bahwa pleno hasil verifikasi perbaikan telah dilakukan di Jakarta Jumat 25 Mei lalu. Soal tidak diumumkan, memang tidak perlu diumumkan. “Coba lihat lagi PKPU memang untuk hasil perbaikan itu tidak perlu diumumkan, penyelenggara cukup menghubungi bakal calon yang tidak lolos saja,” kata Ilham Saputra.(dan)

Bacalon yang lolos
- Andri Liska
- Bukhari My
- Burhanuddin Daud
- Fadhli Abdullah Adam
- Fajran Zain
- Ghazali Abbas Adan
- H Anwar Ahmad SE Ak
- Fachrul Razi
- Hasanuddin Darjo
- Ir H Abdullah Puteh
- Irsalina Husna Azwir
- Iskandar SE
- M Fakhruddin
- M Fadhil Rahmi
- Masri Gandara Marzuki
- Muhammad Ali
- Mukhlis Mukhtar
- Muntasir Hamid
- Murdani
- Mursalin
- Raihan Iskandar
- Sudirman
- T Bachrum Manyak
- T Saifullah
- Tarmilin Usman
- Tgk Fahcrurrazi bin Hamzah Spd
- Tgk T Abdul Muthalib 

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved