BMA Bantu Penderita Kanker dan Thalasemia

Sebanyak 150 pasien penderita kanker, thalasemia dan penyakit kronis lainnya dari keluarga miskin

BMA Bantu Penderita Kanker dan Thalasemia
PLT Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani didampingi Kepala Sekretariat, Muhammad Iswanto SStp MM menyerahkan bantuan kepada penderita kanker, thalasemia dan penyakit kronis lainnya dari keluarga miskin yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis di depan Kantor Baitul Mal Aceh, Senin (28/5). 

* Rp 500 Ribu Per Bulan

BANDA ACEH - Sebanyak 150 pasien penderita kanker, thalasemia dan penyakit kronis lainnya dari keluarga miskin mendapatkan bantuan dari Baitul Mal Aceh (BMA) berupa uang sebesar Rp 500 ribu per bulan sampai mereka sembuh.

Bantuan ini sudah disalurkan kepada mustahik melalui rekening masing-masing yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani SSos, di depan kantor Baitul Mal Aceh, Senin (28/5).

“Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Aceh kepada pasien yang berasal dari keluarga miskin, Bantuan diberikan sampai pasien sembuh,” ujar Zamzami Abdulrani didampingi Kepala Sekretariat, Muhammad Iswanto SSTP MM.

Zamzami menjelaskan, memang bantuan ini tidak begitu besar, tapi setidaknya bisa membantu mengurangi beban pasien selama pengobatan di rumah sakit seperti untuk biaya makan dan biaya perjalanan yang selalu mereka butuhkan.

Zamzami berharap pasien penderita kanker, thalasemia dan penyakit kronis lainnya bisa memanfaatkan sebaik mungkin bantuan tersebut. “Terhadap mereka yang menderita penyakit tersebut terus kita data untuk kita bantu,” katanya.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto menambahkan, program ini merupakan program rutin Baitul Mal Aceh sejak tiga tahun terakhir. Setiap tahun penerima bantuan jenis ini terus bertambah.

Pada tahun pertama 2016 berjumlah 50 orang, tahun kedua bertambah menjadi 100 orang, dan tahun ketiga 2018 sebanyak 150 orang. Iswanto mengatakan, setiap program dan bantuan yang diberikan sudah melalui proses verifikasi. “Setiap data yang masuk, tim amil akan turun langsung ke kabupaten/kota untuk memastikan apakah pasien dari keluarga miskin atau bukan,” jelas Iswanto.

Penyerahan bantuan secara simbolis itu juga dihadiri pengelola Children Cancer Care Community (C-Four) Aceh, Ratna Eliza dan Pendiri Blood For Life Foundation (BFLF), Michael Octaviano.

Sementara Pengelola C-Four Aceh, Ratna Eliza menyampaikan terima kasih kepada Baitul Mal Aceh yang sudah membantu para pasien penderita kanker, thalassemia dan penyakit kronis lainnya yang berasal dari keluarga miskin.

Dia mengatakan, kebanyakan pasien selama ini pasrah dengan keadaannya karena tidak punya biaya. Tapi dengan adanya bantuan dari Baitul Mal Aceh, anak-anak kembali memiliki harapan untuk sembuh.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help