Aceh Tengah Masuk dalam Gerakan "1000 Taman Bacaan Masyarakat"

Program ini dicanangkan PT. Balai Pustaka, penerbit milik pemerintah yang kini berusia 101 tahun.

Aceh Tengah Masuk dalam Gerakan
Dok. Pidie Mengajar
ILUSTRASI -- Anak-anak sedang membaca di Taman Baca yang digagas Pidie Mengajar di Kota Sigli. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Aceh Tengah merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam "Gerakan 1000 Taman Bacaan Masyarakat" (Gerakan 1000 TBM).

Program ini dicanangkan PT. Balai Pustaka, penerbit milik pemerintah yang kini berusia 101 tahun.

Direktur Utama PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji didampingi Direktur Pemasaran PT Balai Pustaka, Dewananda Wardana menjelaskan "Gerakan 1000 TBM" dimaksudkan merangsang minat baca masyarakat dan mengembangkan budaya literasi di seluruh Indonesia.

Baca: Taman Bacaan Tingkatkan Minat Baca Siswa

"Kita ingin gerakan literasi ini berkembang pesat, dan minat masyarakat terhadap buku juga meningkat. Kita sedang bergerak merangsang minat baca masyarakat," kata Direktur Utama PT. Balai Pustaka Achmad Fachrodji.

Di Kabupaten Aceh Tengah, program "Gerakan 1000 TBM" bekerjasama dengan The Gayo Institute dan mendirikan perpustakaan "Umah Buku Empu Numak" di Kampung Asir-Asir Atas, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah.

Baca: Anak Zaman Now Ternyata Malas Membaca, Kenapa?

Direktur The Gayo Institute, Salman Yoga S, mengabarkan bahwa bahan bacaan buku yang diterima pihaknya dalam bentuk 1000 buku cetak, dua buku elektronik, rak buku, meja, kursi, alat peraga dan sejumlah kelengkapan lainnya yang disumbangkan oleh BUMN PT. Jiwasraya.

"Kami juga mendapat pelatihan mengelola perpustakaan, menggunakan alat peraga, dan ini melibatkan masyarakat serta guru sekolah," kata Salman Yoga yang juga penyair dan peneliti budaya.

Salman menjelaskan, perpustakaan "Umah Buku Empu Numak" itu akan diresmikan Bupati Aceh Tengah Sabela Abubakar dan dihadiri Dirut PT Balai Pustaka.

"Kita sedang usahakan kiranya Pak Bupati Aceh Tengah dapat meresmikan perpustakaan ini dan dihadiri Dirut Balai Pustaka," ujar Salman Yoga. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved