Kesehatan

Asam Lambung Naik, Bagaimana Cara Mengatasinya? Ini Tipsnya

Asam lambung yang naik juga bisa mengiritasi esofagus dan menimbulkan rasa panas di dada (heartburn) dan leher.

Asam Lambung Naik, Bagaimana Cara Mengatasinya? Ini Tipsnya
Sriwijaya Post - Tribunnews.com

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - GERD singkatan dari Gastroesophageal reflux disease atau penyakit saluran pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus (refluks).

Akibatnya, penderita bisa mual dan muntah. Asam lambung yang naik juga bisa mengiritasi esofagus dan menimbulkan rasa panas di dada (heartburn) dan leher.

Makanan yang memicu munculnya GERD bervariasi pada tiap orang. Tapi, ada beberapa strategi yang dapat Anda coba untuk mengurangi atau menyingkirkan kambuhnya GERD, seperti saran-saran di bawah ini.

Baca: Misteri Penerbangan MH370, 4 Tahun Menghilang dan Pencarian Dihentikan, Ini 12 Faktanya

Baca: Bisa Sebabkan Kista Jika Minum Es Saat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Perhatikan Kualitas Tidur Anda

s

Sebuah tinjauan dari 100 studi ilmiah, melihat ada hubungan antara gaya hidup dengan gejala refluks. Salah satunya adalah cara tidur.

Bagaimana Anda tidur adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengontrol gejala refluks lebih daripada modifikasi pola makan.

Tidur dengan kepala tempat tidur ditinggikan (atau tubuh Anda sedikit disangga bantal) akan mengurangi kekambuhan gejala GERD.

Baca: Siti Nurhaliza Ditawari Jadi Penasehat Mahathir Mohamad, Ini Jawabannya

Menurunkan berat badan

d

Berat badan yang berlebihan, mengganggu banyak sistem keseimbangan di dalam tubuh Anda, yang mengarah ke masalah kesehatan, baik kecil ataupun besar, termasuk gangguan refluks.

Jika Anda memilih untuk menurunkan berat badan melalui dietkarbohidrat, ada satu studi yang menunjukkan, bahwa enam hari setelah melakukan diet ini, penderita sudah akan merasakan manfaatnya.

Baca: Sebelum Meninggalkan Rumah untuk Mudik, Letakkan Koin di Dalam Freezer Kulkas, Ini Kegunaannya

Halaman
123
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help