Ceramah di Masjid Kota Sigli, Wagub Ajak Masyarakat Perbanyak Ibadah di Sisa Ramadhan

Hal itu disampaikan Wagub Nova dalam ceramah singkatnya sesaat sebelum melaksanakan shalat tarawih bersama di Masjid Al-Falah, Kota Sigli,

Ceramah di Masjid Kota Sigli, Wagub Ajak Masyarakat Perbanyak Ibadah di Sisa Ramadhan
DOK. HUMAS ACEH

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan sisa bula suci Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah demi mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Hal itu disampaikan Wagub Nova dalam ceramah singkatnya sesaat sebelum melaksanakan shalat tarawih bersama di Masjid Al-Falah, Kota Sigli, Rabu (30/5/2018).

"Sebagaimana sudah sering kita mendegarkan tausiah dari para ulama, kita saat ini telah berada pada fase kedua, yaitu fase maghfirah, atau diberikannya ampunan Allah kepada mereka yang ikhlas beribadah di bulan ramadhan," ujar Wagub.

Wagub menjelaskan, fase pertama, yaitu rahmah, sudah dilalui, dan saat ini segera menuju fase terakhir, yaitu: Itqum minan nar atau penjauhan dari api neraka.

"Di titik ini, tentu sangatlah layak bagi kita untuk sejenak bermuhasabah, bagaimana ibadah Ramadhan kita selama 14 hari terakhir ini," kata Wagub.

Baca: Wagub Akan Saya Sampaikan ke Gubernur

Wagub juga mengutip dua hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang menjelaskan keampunan bagi muslim yang beribadah di bulan ramadhan.

Selain itu, Wagub juga mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan sisa waktu di bulan Ramadhan yang tinggal sekitar 15 hari lagi dengan meningkatkan amal ibadah.

"Termasuk juga di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, di mana para ulama telah sepakat bahwa hendaknya kita bisa mencari dan meraih malam lailatul qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadhan," kata Nova.

Wagub juga mengajak masyarakat untuk menerapkan kebiasaan positif ramadhan pada bulan-bulan lain setelahnya.

"Bagi mereka yang memiliki profesi sebagai aparatur pemerintahan, etos kerja dan semangat ramadhan hendaknya bisa terus tercermin pada bulan-bulan berikutnya setelah ramadhan, hal yang sama juga berlaku pada profesi-profesi lainnya, apakah itu guru, pengusaha, dan sebagainya," ujar Nova.

Pada bulan ini, lanjut Wagub, umat muslim juga sangat dianjurkan untuk mengulurkan tangan kepada kepada
golongan yang mengalami krisis ekonomi, seperti fakir miskin, yatim piatu, ibnu sabil dan orang-orang yang mengalami kesusahan. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help