Berkas Plt Kadis PMG Rampung

Penyidik Satreskrim Polres Lhokseumawe dilaporkan sudah merampungkan berkas kasus dugaan ujaran kebencian

Berkas Plt Kadis PMG Rampung
qz.com
Ilustrasi Facebook 

* Kasus Ujaran Kebencian via Medsos

LHOKSEUMAWE - Penyidik Satreskrim Polres Lhokseumawe dilaporkan sudah merampungkan berkas kasus dugaan ujaran kebencian melalui media sosial (medsos) Facebook dengan tersangka Plt Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PMG) Kota Lhokseumawe berinisal Bu. Kini penyidik pun sedang berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lhokseumawe terkait penyerahan berkas tahap pertama.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, melalui Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha, Jumat (1/6), menyebutkan, untuk kelengkapan berkas perkara, pihaknya sudah memeriksa sebanyak 10 saksi, baik anggota polisi yang menangkap, masyarakat yang mengetahui terkait hal tersebut, dan ditambah dua saksi ahli dari Universitas Malikussaleh (Unimal), yakni saksi ahli bahasa dan ahli IT.

“Jadi, setelah selesai memeriksa 10 saksi dan pengumpulan barang bukti, terutama postingan tersangka di dua akun Facebook-nya, maka langsung dilanjutkan dengan perampungan berkas,” ulasnya. “Kini berkasnya sudah rampung, kita pun sedang berkoordinasi dengan jaksa terkait waktu pelimpahan tahap pertama,” pungkas AKP Budi.

Diberitakan sebelumnya, personel Satreskrim Polres Lhokseumawe, Selasa (15/5), menangkap Plt Kadis PMG Kota Lhokseumawe berinisal Bu atas tuduhan telah melakukan ujaran kebencian kepada pemerintah dan institusi Polri melalui akun Facebook. Dia pun kini telah ditahan di Mapolres Lhokseumawe dan dibidik dengan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana telah dirubah dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.(bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved