Kongres PSSI Aceh 29 Juli

Teka-teki nasib sepak bola Aceh akhirnya terjawab sudah. Kongres Asprov PSSI Aceh akan dilaksanakan pada 29 Juli 2018

Kongres PSSI  Aceh 29 Juli
Kongres untuk memilih ketua umum Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Aceh Barat periode 2017-2021 berlangsung di Aula Setdakab di Meulaboh, Rabu (20/12/2017) siang. 

BANDA ACEH - Teka-teki nasib sepak bola Aceh akhirnya terjawab sudah. Kongres Asprov PSSI Aceh akan dilaksanakan pada 29 Juli 2018 di Banda Aceh.

“Hari ini kita mengumumkan bahwa tahapan Kongres PSSI Aceh telah dimulai. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, tanggal 31 Mei 2018 adalah pemberitahuan jadwal tahapan secara tertulis kepada anggota Asprov PSSI,” ungkap Ketua Komite Bersama, M Nasir MPA dalam konferensi pers di Kantor KONI Aceh, Kamis (31/5) petang.

Nasir yang didampingi tim Komite Pemilihan (KP), dan Komite Banding Pemilihan (KBP) menambahkan, penetapan tahapan dilakukan sesuai rapat pihaknya. Di mana hasilnya antaralain penetapan ulang jadwal tahapan, penentuan klub yang diberitahukan, dan pola kerja setelah penetapan.

Sementara itu, Ketua Komite Pemilihan (KP), Nuzuli MS menyampaikan, adapun syarat untuk menjadi bakal calon ketua pada kongres nanti berusia harus di atas 25 tahun, mengajukan CV, surat peryataaan tidak bermasalah dengan hukum, surat pernyataan ada keinginan mengurus olahraga, dan harus menetap di Aceh.

Sejauh ini, kata Nuzuli, pihaknya mencatat ada 70 perwakilan organisasi yang nantinya berhak mengikuti kongres. “Satu organisasi satu suara,” katanya.

Pada sisi lain, Nuzuli menjelaskan, pihaknya akan memanggil pengurus klub untuk melengkapi SK kelengkapan organisasi, dan kemudian diverfikasi. “Prinsipnya ada formulir yang harus diiisi oleh yang kita undang. Syarat ikut kongres pertama SK Kepengurusan yang terdaftar di PSSI Pusat. Kita memakai statuta 2013-2018 seperti diamanahkan oleh PSSI Pusat sesuai keputusan BAORI,” jelasnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan kongres oleh Komite Bersama ini adalah hasil keputusan Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia (BAORI). Komite bersama ini diketuai oleh Ketua Umum KONI Aceh, H Muzakir Manaf, Wakil Ketua Nazir Adam dari Askab PSSI Pidie, dan Wakil Ketua II Idris dari Askab PSSI Abdya. Ketua KONI kemudian memberi mandat kepada M Nasir untuk menjadi Ketua Komite Bersamatersebut.

Keputusan untuk menggelar kongres tersebut setidaknya membuat kepengurusan PSSI Aceh versi Adly Tjalok ben Ibrahim, dan PSSI Nanggroe Aceh Darussalam versi Plt Johar Ling Eng digantikan oleh Komite Bersama. Karena, dua kongres yang digelar oleh kedua kubu akhirnya tanpa hasil.(ran)

susunan komite pemilihan
1. Nuzuli MS (Ketua/Akademisi)
2. Zulkifli Alfat (Wakil Ketua/Mantan Pemain)
3. Muhammad Kasem (Sekretaris/Tokoh Sepakbola)
4. Muhammad Amin (Anggota/Wasit)
5. Nurdinsyam (Anggota/Jurnalis)

komite banding pemilihan
1. Kurniawan SH, LLM
2. Zul Azmi SH
3. Hendri Saputra SHI

tahapan kongres pssi
-8 hingga 19 Mei : Verifikasi calon peserta kongres
-31 Mei : Pemberitahuan secara tertulis kepada anggota Asprov PSSI Aceh
-11 hingga 25 Juni: Pemanggilan resmi peserta kongres
-25 hingga 10 Juli: Pendaftaran dan pengajuan formulir bakal calon
-11 hingga 15 Juli: Verifikasi dokumen persyaratan bakal calon peserta kongres
-16 Juli : Pengumuman hasil verifikasi dokumen bakal calon
-17 hingga 19 Juli: Pengajuan banding
-20 hingga 23 Juli: Sidang komite banding
-24 Juli : Pengumuman calon ketua, wakil ketua, dan Exco
-29 Juli : Pelaksanaan Kongres

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved