Nagan Raya Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nagan Raya mengeluarkan standardisasi zakat fitrah

Nagan Raya Tetapkan  Besaran Zakat Fitrah
tribunnews.com
Ilustrasi 

SUKA MAKMUE – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nagan Raya mengeluarkan standardisasi zakat fitrah yaitu 2,8 kilogram beras per jiwa dan juga bisa ditunaikan melalui uang.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam rapat koordinasi penentuan standardisasi zakat fitrah tahun 1439 H dihadiri MPU, Dinas Syariat Islam, dari Kemenag dan pihak Baitul Mal di kantor Kemenag di Suka Makmue, Kamis (31/5).

Kepala Kemenag Nagan Raya, Amiruddin kepada Serambi, Jumat (1/6) mengatakan bagi kaum muslimin yang berkewajiban mengeluarkan zakat fitrah dapat menunaikannya dengan dua cara yaitu beras dan uang. Jika menunaikan zakat fitrah melalui beras besarannya sekitar 2,8 kilogram per jiwa, sedangkan zakat fitrah yang ditunaikan melalui uang dibagi tiga tingkatan.

Dijelaskan Amiruddin, bagi yang mengonsumsi beras ramos, Thailand dan sejenisnya besaran uangnya untuk zakat fitrah sekitar Rp 36 ribu rupiah per jiwa.

Untuk tingkatan kedua yang mengonsumsi beras Mawar, Tangse dan sejenisnya besarannya sekitar Rp 31 ribu rupiah per jiwa dan berikut tingkatan ketiga yang mengonsumsi beras Dolog besaran uangnya sekitar Rp 25 ribu rupiah per jiwa. Disebutkan putusan tersebut akan disampaikan ke masyarakat.(c45)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved