Penukaran Uang Dipusatkan di Barata

Loket penukaran uang rupiah baru untuk menyambut Idul Fitri mulai dibuka oleh sejumlah bank

Penukaran Uang  Dipusatkan di Barata
Zainal Arifin Lubis Kepala BI Perwakilan Aceh

* 30 Mei - 8 Juni

BANDA ACEH - Loket penukaran uang rupiah baru untuk menyambut Idul Fitri mulai dibuka oleh sejumlah bank. Pusat penukaran uang rupiah dibuka mulai 30 Mei hingga 8 Juni 2018 di halaman Barata Plaza, Banda Aceh.

Penukaran uang tersebut dilayani oleh lima unit bank, yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Aceh Syariah, dan Bank Muamalat. Selain itu, Bank Indonesia (BI) juga melayani penukaran uang rupiah baru di kantornya pada masa tanggal yang sama.

Di Barata, penukaran uang dilayani setiap Senin-Kamis mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Sedangkan di BI juga dilakukan pada jam yang sama, namun dibuka Senin-Jumat. Selain itu, masyarakat juga dapat menukarkan uang di kantor perbankan lainnya.

Kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis mengatakan, saat Ramadhan hingga Idul Fitri permintaan uang kartal di masyarakat meningkat, sehingga Bank Indonesia ingin memberikan pelayanan tambahan. BI mengandeng lima bank tersebut membuka layanan penukaran uang di luar kantor BI.

“Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan uang, karena stok uang di BI mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan perbankan. Tahun ini BI menyiapkan Rp 96 miliar untuk penukaran di masyarakat/kas keliling. Tahun lalu, di Barata jumlah uang yang ditukar mencapai Rp 6,2 miliar dan tahun 2016 sebesar Rp 5,3 miliar,” sebut Zainal Arifin.

Zainal Arifin menambahkan, kebutuhan uang rupiah menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2018 diprediksi mencapai angka sekitar Rp 2,1 Triliun, yang terdiri atas kebutuhan perbankan mencapai Rp 1,3 Triliun atau 60%, kebutuhan kas titipan di daerah sebesar Rp 0,793 Triliun atau 37%, dan kebutuhan penukaran di masyarakat/kas keliling sebesar Rp 69 Miliar atau 3%. (mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help