BI Serahkan Beasiswa untuk 150 Mahasiswa

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh menyerahkan beasiswa untuk 150 mahasiswa dari tiga Perguruan Tinggi Negeri

BI Serahkan Beasiswa untuk 150 Mahasiswa
Zainal Arifin Lubis, Kepala BI Perwakilan Aceh

* Rp 12 Juta Per Tahun

BANDA ACEH - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh menyerahkan beasiswa untuk 150 mahasiswa dari tiga Perguruan Tinggi Negeri, Kamis (7/6), di Aula BI Aceh, Banda Aceh. Beasiswa tersebut sebesar Rp 1 juta per bulan selama satu tahun atau Rp 12 juta per tahun.

Mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa BI berasal dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh. Masing-masing perguruan tinggi mendapatkan jatah 50 penerima beasiswa. Total dana yang dikeluarkan BI untuk 150 mahasiswa di tahun 2018 mencapai Rp 1,8 miliar.

Kepala Perwakilan BI Aceh, Zainal Arifin Lubis, mengatakan, pemberian beasiswa itu merupakan program sosial rutin BI, sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Para penerimanya merupakan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Sedangkan jumlah penerima akan terus ditingkatkan setiap tahunnya.

Ia menjelaskan, mahasiswa penerima beasiswa merupakan mereka yang memiliki tingkat kecerdasan dan karakter. Karena kedepan, jika mereka sukses atau menjadi pemimpin, diharapkan memiliki kepedulian terhadap orang lain. Karena, menurut Zainal Arifin, sosok cerdas, sukses dan peduli merupakan sosok yang dibutuhkan di masa depan untuk memajukan Indonesia.

“Mereka yang kita pilih juga yang secara ekonomi kurang memadai, sehingga sulit membiaya kuliah, jadi ini yang kita pilih dan BI berkomitmen untuk melanjutkan pemberian beasiswa ini, kedepan renacananya jumlah universitas yang menerima akan terus ditambah,” ujarnya.

Ditambahkan, para mahasiswa yang sudah selesai menerima beasiswa BI akan dihimpun dalam satu wadah yaitu Generasi Baru Indonesia (GenBI). BI akan terus membina mereka dengan memberikan pelatihan wirausaha dan leadership.

Dalam penyerahan beasiswa kemarin, kegiatan juga dirangkum dengan seminar leadership sharing. Kegiatan itu menghadirkan tiga rektor sebagai pembicara yaitu Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim dan Rektor UTU, Prof Dr Jasman J Ma’ruf MBA.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help