Juragan: Komisioner KIP Nagan Silakan Ikut Tes Ulang

DPRK Nagan Raya, Jumat (8/6), melaksanakan rapat pembentukan tim seleksi calon anggota KIP menyusul

Juragan: Komisioner KIP  Nagan Silakan Ikut Tes Ulang
DOK SERAMBINEWS.COM
Logo KIP 

SUKA MAKMUE - DPRK Nagan Raya, Jumat (8/6), melaksanakan rapat pembentukan tim seleksi calon anggota KIP menyusul akan segera berakhirnya masa jabatan komisioner KIP yang lama.

Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi atau Juragan mengatakan, sesuai hasil rapat, tim penjaringan anggota KIP ini akan ditangani oleh Komisi A setelah Lebaran idul Fitri nanti. Penjariangan dilakukan dengan mengacu pada UUPA.

Ia juga menyinggung pernyataan Ketua KIP Nagan Raya, Muhammad Yasin, melalui kuasa hukumnya Ramli Husen SH yang memprotes keputusan DPRK membentuk tim seleksi calon anggota KIP.

Juragan mengatakan, sikap Ketua KIP Nagan Raya kekanak-kanakan dan terkesan takut kehilangan jabatan, sehingga melakukan upaya-upaya untuk terus bertahan di KIP. “Jabatan komisioner KIP yang sekarang sudah berakhir dan harus kita rekrut ulang lagi, dan jika mereka cerdas silakan ikut tes ulang,” ucapnya kepada Serambi, Jumat (8/6).

Juragan memastikan bahwa masa jabatan Muhammad Yasin Cs di KIP telah berakhir, dan pihaknya telah menerima surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat terkait perekrutan anggota KIP, dan meminta agar perekrutan tersebut dilaksanakan sesuai dengan UUPA.

“Perekrutan anggota KIP tetap berdasarkan UUPA, sehingga tidak ada kebijakan yang kami langgar,” pungkas Juragan.

Seperti diberitakan kemarin, Ketua KIP Nagan Raya memprotes keputusan DPRK yang akan membentuk panitia seleksi (pansel) calon anggota KIP. Pasalnya, masa jabatan komisioner KIP saat ini baru akan berakhir pada Februari 2019 nanti.

Ketua KIP Nagan Raya, Muhammad Yasin, melalui kuasa hukumnya, Ramli Husen SH, mengatakan, apa yang telahdilakukan oleh DPRK tersebut merupakan bentuk pengangkangan terhadap UU No 11 2006 (UUPA), dimana pada pasal 57 ayat 2 jelas disebutkan bahwa masa kerja anggota KIP selama lima tahun terhitung sejak pelantikan.

“Pelantikan anggota KIP Nagan Raya pada tanggal 20 Februari 2014 dan baru berakhir masa jabatan pada tanggal 20 Februari 2019 sesuai dengan pelantikan,” kata Ramli Husen kepada Serambi, Kamis (7/6).(c45)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help