Panwascam Lantik PPG Langsa Lama dan Langsa Kota

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Langsa Lama dan Panwascam Langsa Kota, Jumat (8/6), melantik dan mengambil sumpah

Panwascam Lantik PPG Langsa Lama dan Langsa Kota
SERAMBINEWS.COM/RASIDAN
Ketua Panwaslu, Sulaiman, lantik petugas Panwascam Galus sebanyak 33 orang, di Balai Musara Blangkejeren, Kamis (7/12/2017) petang. 

LANGSA - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Langsa Lama dan Panwascam Langsa Kota, Jumat (8/6), melantik dan mengambil sumpah anggota Pengawas Pemilu Gampong (PPG) yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi.

PPG yang dilantik masing-masing di Kantor Kecamatan Langsa Lama sebanyak 15 orang dan di Kantor Kecamatan Langsa Kota sebanyak 10 orang. Pelantikan juga dihadiri Komisioner Panwaslu Kota Langsa, M Khairi, Riswandar, dan unsur Muspika lainnya.

Ketua Panwaslu Kota Langsa Muhammad Khairi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Panwascam Langsa Lama yang telah bekerja keras dan berupaya maksimal melakukan perekrutan PPG. Apalagi tugas ini tidak mudah, karena waktu perekrutan dimulai pendaftaran, pelantikan, hingga Bimtek yang telah ditentukan Bawaslu.

“PPG adalah garda paling ujung di lembaga Bawaslu. Kita semua sebuah lembaga penyelenggara Pemilu yang membidangi pengawasan pemilu. Setelah dilantik ini, maka tindakan dan sikap kita tidak bisa lagi mencerminkan individu, tapi sudah mencerminkan lembaga,” sebutnya.

M Khiri menambahkan, semua pengawas Pwmilu baik dari tingkatan Panwaslu, Panwascam, hingga PPG harus bersih dan terlihat bersih dan wajib berdiri sebagai pengawas Pemilu. Jika penyelenggara tidak bersih, bagaimana mau melahirkan pemimpin yang baik ke depan.

“Kita semua memiliki fakta integritas. Salah satunya adalah kejujuran yang mampu menegakkan penyelenggaraan Pemilu yang jujur, adil, demokratis, dan bermartabat. Kembali saya tegaskan bahwa tugas kita mengawasi pemilu agar berjalan sesuai ketentuan undang-undang,” tegasnya.

Ketua Panwascam Langsa Lama, Muftiryansyah, mengatakan, anggota PPG yang telah dilantik ini akan bertugas mengawasi proses-proses tahapan hingga penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang sesuai tupoksinya, khususnya di 15 gampong dalam wilayah Kecamatan Langsa Lama.

Mantan Presiden Pema dan alumnus Fakultas Teknik Unsam Langsa ini menekankan kepada seluruh anggota PPG agar bersikap netral dalam melaksanakan tugasnya, serta dalam pelaksanaan tugas di lapangan juga harus berkoordinasi dengan semua pihak di kecamatan.

Menurut Mufti, setelah dilantik, ke-15 anggota PPG ini langsung mengikuti bimbingan teknis. Dengan telah dilantiknya PPG, maka akan mempermudah dalam mengawasi tahapan-tahapan pemilu di tingkat gampong yang sedang berjalan. “Kami juga mengapresiasi atas keikutsertaan sejumlah perempuan dalam PPG. Ini membuktikan bahwa demokrasi kita sudah berjalan semestinya,” ujar Ketua Panwascam tersebut. (zb)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved