Penumpang KMP Teluk Sinabang Membludak

Jumlah penumpang yang mudik menggunakan Kapal Motor Penyerangan (KMP) Teluk Sinabang

Penumpang KMP Teluk Sinabang Membludak
Serambi/Rizwan
KMP Teluk Sinabang 

* Tali Kapal Putus Dihantam Ombak

MEULABOH - Jumlah penumpang yang mudik menggunakan Kapal Motor Penyerangan (KMP) Teluk Sinabang di Pelabuhan Samatiga Aceh Barat, Minggu (10/6) membludak. Kondisi ini terjadi karena jadwal keberangkatan kapal kemarin yang terakhir menjelang Lebaran Idul Fitri dengan tujuan Sinabang (Simeulue).

Informasi yang diperoleh Serambi kemarin kapal membawa 278 penumpang, 23 mobil dan 160 sepeda motor (sepmor). Namun sejumlah kendaraan kemarin terpaksa tidak dapat diangkut karena kapasitas kapal sudah mencukupi serta menghindari kapal tenggelam, apalagi pelayaran menempuh waktu lama.

Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Meulaboh Desrizal kemarin mengatakan pelayaran dari Sinabang ke Meulaboh sejak Sabtu sore lancar. Kapal juga sudah berangkat dari Pelabuhan Samatiga tujuan Sinabang untuk membawa penumpang. “Penumpang dipadati oleh pemudik,” kata Desrizal.

Ia menambahkan Kapal Teluk Sinabang pada Minggu kemarin tiba molor atau sekira pukul 09.30 WIB di Pelabuhan Samatiga dari jadwal biasanya pada pukul 07.00 WIB. Ini disebabkan ombak besar di laut sehingga pelayaran dilakukan dengan hati-hati.

“Meski terlambat tetapi semua selamat,” katanya. Ia sebutkan selain terlambat kapal yang tiba juga dipercepat keberangkatan dari Pelabuhan Samatiga yakni berlayar kembali pada pukul 11.30 WIB dari biasanya pukul 14.00 WIB. Ini disebabkan ombak di pelabuhan Samatiga yang besar sehingga kapal menghantam dermaga.

“Tali kapal putus sebanyak 6 buah ketika ditambatkan. Ombak cukup besar di dermaga,” kata Desrizal. Dia sebutkan meski sempat berombak besar tetapi ketika proses memuat barang dan penumpang ke kapal berjalan lancar.

Namun, ia menyebutkan dampak dari jadwal keberangkatan kapal yang dipercepat, sejumlah penumpang yang terlambat ke pelabuhan tidak terangkut. “Bila ada yang tidak terangkut silakan menggunakan Pelabuhan Labuhan Haji,” jelasnya.

Kepala ASDP Meulaboh Desrizal menambahkan KMP Teluk Sinabang dan KMP Labuhan Haji yang selama ini melayari Sinabang ke daratan Aceh akan libur selama empat hari karena Lebaran Idul Fitri.

Untuk KMP Teluk Sinabang tidak berlayar dari 14-17 Juni 2018. Sedangkan KMP Labuhan Haji dari 13-16 Juni 2018. “Kedua kapal kita melayari Sinabang ke Meulaboh, Labuhan Haji dan Singkil,” demikian Desrizal.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved