BREAKING NEWS - Pangdam IM Perintahkan Tangkap Pelaku Pembakar Lahan

Pangdam langsung bertanya kepada anak-anak kecil yang bediri disampingnya, rakyat sengsara, bagaimana apa ada yang sakit kena asap.

BREAKING NEWS - Pangdam IM Perintahkan Tangkap Pelaku Pembakar Lahan
ist
Pangdam IM, Mayjen TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin memerintahkan Dandim 0107 Aceh Selatan dan Kapolres Aceh Selatan untuk menangkap pelaku pembakar lahan di Desa Ujong Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan saat meninjau lokasi kebakaran lahan, Selasa (12/6/2017) pagi. 

Laporan Budi Fatria | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, ACEH SELATAN - Pangdam IM, Mayjen TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin memerintahkan Dandim 0107 Aceh Selatan dan Kapolres Aceh Selatan untuk menangkap pelaku pembakar lahan di Desa Ujong Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan saat meninjau lokasi kebakaran lahan, Selasa (12/6/2017) pagi.

Pangdam IM, Mayjen TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin bersama Waasops Kodam IM, Letkol Hasandi Lubis dan Asisten Teritorial (Aster) Kasdam IM, Kolonel INF Mahesa Fitriadi menggunakan helikopter bertolak dari Banda Aceh ke Aceh Selatan untuk melihat langsung lokasi kebakaran lahan.

Baca: Tim Gabungan Terus Lakukan Monitoring Kebakaran Lahan Gambut di Bakongan

"Tangkap itu pelaku pembakaran lahan dan serahkan ke pihak Kepolisian. Agar pelaku pembakaran lahan itu cepat diketahui, maka tangkap juga keuchik dan camatnya, karena mereka pasti tahu siapa pemilik lahan itu," kata Pangdam IM saat tiba di Lapangan Keude Bakongan usai turun dari heli.

Pangdam langsung bertanya kepada anak-anak kecil yang bediri disampingnya, rakyat sengsara, bagaimana apa ada yang sakit kena asap.

Baca: Kebakaran Lahan Bakongan Sudah Teratasi 85 Persen

Anak-anak itupun tersenyum lebar.

Dia menambahkan tidak boleh terjadi kebakaran lahan dan hutan di Indonesia itu sudah perintah dari Presiden.

"Tolong jaga jangan sampai ada lagi lahan yang terbakar, harus rajin mengontrol kalau ada yang membandel tolong pak Koramil lapor ke polisi tangkap pelakunya," katanya dengan wajah garang.

Pangdam IM juga menyarankan kepada Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM untuk tidak lagi mengeluarkan hak garap lahan.

"Selama 2×24 jam pelaku pembakar lahan tidak melapor ke posko bencana kebakaran Kodim 0107/Asel, maka lahan itu jadi milik umum.

Pasang plang nama di lahan itu, tanah ini jadi milik umum. Kalau ada yang ribut lapor polisi. (*)

Penulis: Budi Fatria
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help