Bupati Abdya Tetapkan Meugang Besok, Jadwal Idul Fitri Ikuti Keputusan Menteri Agama RI

Kegiatan penyembelihan ternak kerbau dan sapi terutama di pusatkan di bantaran sungai (krueng) Beukah, Kecamatan Blangpidie

Bupati Abdya Tetapkan Meugang Besok, Jadwal Idul Fitri Ikuti Keputusan Menteri Agama RI
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
meugang 

Laporan Zainun Yusuf | Blangpidie

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Menyambut 1 Syawal (Idul Fitri), masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) atau di wilayah barat selatan Aceh, melaksanakan tradisi meugang.

Terkait hal ini, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim telah mengeluarkan surat edaran yang menetapkan pelaksanaan hari meugang jatuh hari Kamis (14/6/2018), menyambut Idul Fitri 1439 H/2018 M.

Sedangkan jadwal ketetapan 1 Syawal (Idul Fitri) 1439 H/2018 M tetap berpedoman pada Keputusan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI.

Baca: Dewan Dakwah Abdya Larang Musik Iringi Takbir Keliling

Keputusan tersebut tertuang dalam surat edaran Bupati Abdya, nomor 450/68/2018 tanggal 6 Juni 2018, diteken Bupati Akmal Ibrahim.

Edaran yang ditujukan kepada seluruh camat setempat, ditembuskan kepada antara lain Ketua DPRK, Dandim 0110, Kapolres, dan Kajari Abdya.

Seperti biasa, pelaksanaan hari meugang pada Kamis, ditandai kegiatan penyembelihan ternak kerbau dan sapi dalam jumlah besar oleh para pedagang untuk memenuhi permintaan daging meugang yang melonjak drastis.

Baca: Dua Penumpang dan Sopir Masih Dirawat di RSU TP Abdya, Korban Kecelakaan Minibus Tabrak Truk

Kegiatan penyembelihan ternak kerbau dan sapi terutama di pusatkan di bantaran sungai (krueng) Beukah, Kecamatan Blangpidie.

Di lokasi ini, ratusan ternak akan disembelih Kamis pagi untuk memenuhi permintaan masyarakat yang datang dari berbagai pelosok daerah itu.

Selain itu, ada lokasi penyembelihan ternak dalam jumlah kecil, seperti di Lapangan Teungku Peukan, Kecamatan Manggeng, Tanjung Bunga, Kecamatan Tangan-Tangan, dan Krueng Babahrot, Kecamatan Babahrot.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help