Dermawan Turki Salur Zakat

Sebanyak 130 yatim, piatu, dan fakir miskin dari Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, yakni dari Gampong Lamkawee, Lheu Blang

Dermawan Turki Salur Zakat
DIN Minimi didampingi Muhammad Sabik, menyerahkan bantuan kepada seorang warga Gampong Lheu Blang, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Selasa (12/6).

* Untuk 230 Yatim dan Fakir Miskin

BANDA ACEH - Sebanyak 130 yatim, piatu, dan fakir miskin dari Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, yakni dari Gampong Lamkawee, Lheu Blang, Lagang, dan Lamsiteh mendapat daging sapi gratis dan sirop. Penyerahan bantuan bersumber zakat seorang dermawan Turki, Baba Seref Zia Akdas, itu berlangsung di Lheu Blang, Selasa (12/6) pagi.

Menariknya, mantan pimpinan kelompok bersenjata di Aceh Timur, Nurdin bin Ismail alias Din Minimi, ikut dalam penyerahan bantuan tersebut. Ternyata, di luar bantuan untuk warga Darul Imarah itu, Din Minimi juga mendapat amanah untuk menyalur zakat dari dermawan Turki dimaksud kepada 100 yatim di Aceh Timur. Hal ini disampaikan Muhammad Sabik, pekerja sosial asal Gampong Lheu Blang yang memfasilitasi pembagian zakat, Baba Seref Zia Akdas.

“Baba Seref Zia Akdas sejak 2005, saat beliau datang ke sini untuk membantu korban tsunami di Aceh. Nah, sejak saat itu setiap tahun beliau menjatahkan zakatnya untuk Aceh, namun ketika itu bukan melalui saya. Sedangkan melalui saya sejak 2017. Kemudian tahun ini, yang kami manfaatkan untuk beli sapi ditambah sebagian kecil dana dari lainnya. Selain daging sapi, penerima juga kami serahkan sirop,” kata Muhammad Sabik.

Sedangkan hubungannya dengan Din Minimi, menurut Muhammad Sabik, mereka sama-sama aktiv di komunitas yang konsen membantu para anak yatim di Aceh. Oleh karena itu, kata Muhammad Sabik, dirinya memperkenalkan Din Minimi kepada Baba Seref Zia Akdas sebagai mantan pimpinan kelompok bersenjata di Aceh yang dulunya berontak dan menuntut keadilan pemerintah, terutama terhadap anak-anak yatim dan korban konflik di daerah ini. “Alhamdulillah beliau (Baba Seref Zia Akdas) setuju sebagian zakatnya disalur Abu Din Minimi,” kata Muhammad Sabik.

Sedangkan Din Minimi kepada Serambi kemarin mengatakan amanah dari dermawan Turki itu akan ia salur kepada 100 yatim di empat Kecamatan di Aceh Timur, yakni Pante Rambong, Idi Cut, Indra Makmu, dan Kuta Binjei pada hari ini, Rabu (13/6). Karena itu, kemarin Din Minimi langsung pulang ke Aceh Timur.(sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help