Luar Negeri

Gelar Pertemuan di Singapura, Begini Isi Lengkap Kesepakatan Donald Trump dan Kim Jong Un

Denuklirisasi Semenanjung Korea menjadi salah satu kesepakatan yang diteken Presiden AS dan pemimpin Korea Utara di Singapura, Selasa (12/6/2018).

Gelar Pertemuan di Singapura, Begini Isi Lengkap Kesepakatan Donald Trump dan Kim Jong Un
Kevin Lim/The Straits Times via Anadolu Agency
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menandatangani kesepakatan terkait denuklirisasi, dalam pertemuan bersejarah di Singapura, Selasa (12/6/2018). 

SERAMBINEWS.COM - Denuklirisasi Semenanjung Korea menjadi salah satu kesepakatan yang diteken Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan di Singapura, Selasa (12/6/2018).

Berikut isi lengkap dokumen bersejarah itu.

Pernyataan bersama Presiden Amerika Serikat Donald J Trumo dan Ketua Kim Jong Un dari Republik Demokratik Rakyat Korea dalam KTT Singapura.

Presiden Donald J Trump dri Amerika Serikat dan Ketua Komisi Urusan Kenegaraan Republik Demokratik Rakyat Korea Utara (DPRK) Kim Jong Un menggelar pertemuan pertama dan bersejarah di Singapura pada 12 Juni 2018.

Baca: Viral, Ada Mesin ATM Beras di Masjid Salman ITB untuk Warga Kurang Mampu, Cara Ambilnya Unik

Baca: Mahathir Mohamad Bakal Buka Kembali Kantor Kedubes Malaysia di Korut

Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un menggelar tukar pendapat yang komprehensif, mendalam, dan tulus tentang berbagai isu terkait terbentuknya hubungan AS-DPRK dan upaya menciptakan perdamaian yang kuat dan langgeng di Semenanjung Korea.

Presiden Trump berkomitmen memberikan jaminan keamanan untuk DPRK dan Ketua Kim Jong Un menegaskan komitmennya untuk melakukan denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea.

Yakin bahwa terbentuknya hubungan AS-DPRK akan memberi kontribusi untuk proses perdamaian dan kesejahteraan Semenanjung Korea dan dunia, dan memahami bahwa terbentuknya kepercayaan bersama bisa mendorong denuklirisasi Semenanjung Korea, maka Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un membuat pernyataan berikut ini:

Baca: Terkenal di Indonesia, DJ Butterfly ‘Hanya’ Tempati Rumah Sederhana di Thailand

Baca: Harga Bitcoin Terus Merosot ke Level Terendah Tahun Ini, Inikah Penyebabnya?

1. Amerika Serikat dan DPRK akan membentuk hubungan baru AS-DPRK yang didasari kemauan rakyat kedua negara yang menginginkan perdamaian dan kesejahteraan.

2. Amerika Serikat dan DPRK akan bekerja sama untuk membangun perdamaian yang langgeng dan stabil di Semenanjung Korea.

3. Memastikan kembali bahwa dalam Deklarasi Panmunjom pada 27 April 2018, DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help