Kapan Hari Raya Idul Fitri? Besok Kemenag Aceh akan Pantau Hilal Syawal 1439 H di 7 Lokasi Ini

Aceh dipercayakan sebagai salah satu provinsi yang ikut memantau hilal bersama sejumlah provinsi lainnya

Kapan Hari Raya Idul Fitri? Besok Kemenag Aceh akan Pantau Hilal Syawal 1439 H di 7 Lokasi Ini
ist
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh meninjau peralatan pemantauan hilal di di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Jajaran Kementerian Agama Provinsi Aceh, akan memantau hilal (rukyatul hilal) awal Syawal 1439 H di 7 lokasi di Aceh, Kamis (14/6/2018) besok, bertepatan dengan 29 Ramadhan 1439 H. 

Untuk level provinsi, rukyatul hilal akan dilakukan oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kanwil Kemenag Aceh di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar.

"Untuk penentuan awal Syawwal 1439 H, Kementerian Agama Provinsi Aceh akan memantau Hilal di Pusat Observatium hilal Tgk. Chik Kuta Karang Lhoknga besok dan juga di beberapa daerah lainnya di Aceh, apapun hasilnya akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh kepada Serambinews.com, Rabu (13/6/2018).

Baca: Sudah Mudik belum? Ini Tips agar Tidak Bokek Setelah Mudik

Selain di Lhoknga, kata Daud Pakeh, seperti dikutip rilis Humas Kanwil Kemenag Aceh, pengamatan hilal juga dilaksanakan di Sabang, Lhokseumawe, Calang, Meulaboh, Tapaktuan, dan Teluk Dalam Sinabang.

Daud Pakeh mengatakan telah menginstruksikan kepada beberapa Kakankemenag kabupaten/kota untuk melakukan koordinasi dengan Mahkamah Syar'iyah, Dinas Syariat Islam, MPU, instansi terkait, ormas Islam dan tokoh masyarakat.

Tujuannya untuk melakukan pengamatan hilal bersama dan hasilnya dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

Baca: Kalau Mudik dengan Mobil Pribadi, 5 Tips Ini Sangat Penting Untuk Dipahami Demi Kenyamanan

"Aceh dipercayakan sebagai salah satu provinsi yang ikut memantau hilal bersama sejumlah provinsi lainnya, Insyaallah kita akan melakukan pengamatan minimal di 7 lokasi,” ujar Daud Pakeh.

“Walaupun 1 Syawwal 1439 H berpeluang sama pada hari Jumat, 15/6/2018, namun kepastiannya tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang ditetapkan dalam sidang Itsbat penetapan awal Syawwal 1439 H di Jakarta,” ujarnya.

Daud Pakeh juga mengatakan bahwa pengamatan hilal nantinya terbuka untuk masyarakat umum.

Baca: Ini 6 Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Ditinggal Mudik, Jangan Sampai Kecewa Saat Balik

"Kami mengajak masyarakat untuk menyaksikan pengamatan Hilal awal Syawwal untuk pembelajaran. Selama ini pusat Observatorium Hilal Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga juga sering dijadikan tempat belajar falakiyah oleh mahasiswa, siswa dan juga santri. Nanti sebelum sebelum pengamatan juga akan dilakukan proses pembelajaran oleh Pakar Falakiyah BHR Kanwil Kemenag Aceh," lanjut Daud Pakeh.

Sementara anggota Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, S. HI. MH mengatakan bahwa ijtima awal Syawwal 1439 H pada hari Kamis, 14 juni 2018, pukul 02.45.16 WIB, dengan ketinggian hilal 7 derjat 32 menit 45 detik.

"Sangat besar kemungkinan hilal akan terlihat di Aceh apabila cuaca mendukung," ujar Alfirdaus.(*)

Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help