Harga Kebutuhan Relatif Stabil

Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Nova Iriansyah, bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA)

Harga Kebutuhan Relatif Stabil
WAGUB Aceh, Nova Iriansyah melihat ikan teri putih Medan yang mau dibelinya saat meninjau pasar Lambaro, Aceh Besar menjelang meugang Lebaran, Rabu (13/6). 

BANDA ACEH - Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Nova Iriansyah, bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) berkunjung ke Pasar Peunayong, Banda Aceh dan Pasar Lambaro, Aceh Besar untuk memantau harga kebutuhan pokok di kedua pasar itu, Rabu (13/6). Hasil pantauan di hari meugang pertama ini, menurut Wagub, harga kebutuhan di kedua pasar itu relatif stabil, termasuk harga daging sapi, yakni Rp 150 ribu/kg atau terbilang stabil untuk musim meugang di Aceh.

“Relatif stabilnya harga kebutuhan pokok itu karena antara pasokan dengan daya beli berimbang,” kata Nova kepada wartawan di Pasar Lambaro kemarin.. Adapun Kepala SKPA yang memantau pasar bersama Wagub antara lain Kepala Dinas Petenakan Aceh, drh Rahmandi MSi, Kepala Dinas Perindag Aceh, Drs Muhammad Raudhi MSi, Kepala Dinas Pangan Aceh, Dr Ir Ilyas MP, dan Kepala Biro Humas Setda Aceh, Rahmad SSos.

Saat meninjau ke Pasar Lambaro, Wagub sempat berbelanja ikan teri medan dan sagu butiran putih. Menurutnya, kebutuhan itu adalah bagian dari menu makanan yang ia sukai. Seusai membeli teri medan dan sagu, Wagub Nova meminta pihak Disperindag Aceh dan Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh agar melakukan pembinaan kepada para nelayan agar bisa menghasilkan teri putih, seperti teri yang dihasilkan nelayan Sumatera Utara (Sumut).

“Jenis teri putih ini pasti ada di Aceh, cuma saja penanganan pascapanen yang belum begitu bagus, sehingga membuat hasil olahannya kurang berkualitas. Harga ikan teri kita cuma sekitar Rp 40 ribu/kg, tetapi teri putih Sumut ini mencapai Rp 120 ribu/kg, hampir mendekati harga satu kilogram daging sapi lokal,” kata Wagub.

Menanggapi keluhan pedagang yang merasa jumlah pembeli daging meugang Lebaran tahun ini di kedua pasar itu berkurang, menurut Wagub, hal itu disebabkan tahun ini libur Lebaran, terutama bagi PNS tergolong cepat, yaitu Jumat (8/6) terakhir kerja, sehingga banyak yang sudah mudik. Namun, untuk pembelian kebutuhan pokok lainnya, seperti cabai merah, bawang, tomat, beras, minyak goreng, gula pasir dan lainnya tetap tinggi karena jumlah yang dibeli banyak. Hal hampir sama disampaikan Kadis Peternakan Aceh, Rahmandi dan Kadis Perindag Aceh, Muhammad Raudhi. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help