Ini Rute Pawai Takbir

Panitia Penyelenggara Peringatan Hari-hari Besar Islam (P3HBI) Aceh, Kamis (14/6) malam ini, menggelar

Ini Rute Pawai Takbir
Peserta membawa obor dan mobil hias yang mengikuti pawai takbiran. SERAMBI/BUDI FATRIA 

* Start dan Finish di Halaman Masjid Raya

BANDA ACEH - Panitia Penyelenggara Peringatan Hari-hari Besar Islam (P3HBI) Aceh, Kamis (14/6) malam ini, menggelar pawai takbir keliling Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Pawai takbir yang diikuti pejalan kaki dan kendaraan hias serta mobil tersebut akan mengambil start dan finish di jalan depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Adapun rute untuk pejalan kaki dan kendaraan hias yaitu, setelah start di jalan depan Masjid Raya, peserta pawai akan berbelok ke kanan menuju Jalan Diponegoro. Lalu, belok kiri ke jembatan Pante Pirak tembus ke Bundaran Simpang Lima. Kemudian, peserta melewati Jalan Tgk Daud sampai ke Simpang Jambo Tape.

Setelah itu, peserta berbelok ke kiri ke Jalan Syiah Kuala, belok kiri ke Jalan Pocut Baren dan berlanjut ke Jalan T Panglima Polem Peunayong. Dari situ, peserta pawai kembali memutar Bundaran Simpang Lima lalu menaiki Jembatan Pante Pirak dan melintasi Jalan STA Mahmudsyah. Terakhir, peserta belok ke Simpang Kodim dan finish di jalan depan Masjid Raya.

Sedangkan rute pawai mobil dimulai dari jalan depan Masjid Raya belok ke kanan Jalan Diponegoro lalu ke Simpang Kodim dan mengarah ke Pendopo Gubernur. Kemudian, peserta melewati Simpang Jam, Jalan Teuku Umar, Simpang Tiga Lamteumen, dan mengarah ke Jalan Cut Nyak Dhien serta Simpang Dodik.

Peserta pawai kendaraan roda empat selanjutnya berbelok ke kiri memasuki Jalan Soekarno Hatta, lalu belok ke kiri ke Jalan Sudirman tembus ke Simpang Tiga. Peserta kemudian kembali ke Jalan Teuku Umar, Simpang Jam, belok ke kanan jalan depan Pendopo Gubernur dan Simpang Kodim serta finish di jalan depan Masjid Raya.

Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto SH, meminta masyarakat untuk menghindari jalur-jalur yang akan dilewati peserta pawai takbir Idul Fitri 1439 H, Kamis (14/6) malam ini. “Kami minta masyarakat menghindari jalur-jalur yang dilewati peserta pawai takbir Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah,” pinta AKBP Trisno, kepada Serambi, kemarin.

Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto SH, juga menjelaskan, saat pawai takbir Hari Raya Idul Fitri malam nanti, petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Dishub, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya akan disiagakan di setiap persimpangan yang dilintasi ribuan peserta yang terdiri atas pejalan kaki dan kendaraan hias.

Demikian juga saat pawai takbir dengan peserta yang menggunakan mobil (kendaraan umum) tetap dijaga petugas gabungan. “Pawai takbir ini akan dimulai usai shalat Isya. Yang dilepas adalah peserta pawai takbir pejalan kaki dan kendaraan hias. Setelah semua peserta melewati rute yang ditetapkan baru dilepas peserta pawai yang menggunakan kendaraan umum,” ungkap AKBP Trisno, kemarin.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved