Tafakur

Saling Mendoakan

Setelah melaksanakan segala macam ibadah pada bulan suci Ramadhan dan tiba di hari raya, kita dianjurkan

Saling Mendoakan

Oleh Jarjani Usman

“Para sahabat Nabi SAW bila bertemu pada hari raya, mereka mengucapkan kepada sebahagian yang lain: Taqabbalallahu minna waminkum” (Ibnu Hajar).

Setelah melaksanakan segala macam ibadah pada bulan suci Ramadhan dan tiba di hari raya, kita dianjurkan untuk saling mendoakan. Itu tradisi para sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu saling mengucapkan: Taqabbalallahu minna waminkum, semoga Allah menerima puasa dan amalan dari kami dan dari kalian. Ini menunjukkan adanya usaha saling membantu dan mendoakan agar diterima segala amalan.

Apalagi dalam hidup sebagai makhluk sosial, kita kerap berinteraksi satu sama lain baik secara langsung atau melalui media sosial. Tak jarang, interakasi sosial itu tidak semuanya menghasilkan kebaikan, seperti silaturrahmi, ukhuwah, dan lain-lain. Sebahagiannya (mungkin) dalam taraf tertentu menyisakan keburukan, termasuk yang tersangkut di hati lawan bicara. Apalagi kata-kata yang dikeluarkan seseorang tidak semuanya mampu dikontrol dengan baik dan penuh pertimbangan hati, sehingga merusak tali persaudaraan dan merusak amalan yang telah dilakukan.

Diterimanya segala amalan dan menjadi orang bertakwa adalah esensi yang sangat diharapkan semua hamba beriman. Namun, untuk menuju ke tujuan tersebut, bukan hanya beribadah selama bulan Ramadhan. Segala urusan lain, termasuk di antaranya utang-piutang, dendam, dengki, dan lain-lain, juga harus dibereskan. Dengan cara demikian, kita benar-benar serius dalam membantu diri kembali fitrah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help