Sopir Dites Urine

Belasan sopir angkutan umum di Komplek Terminal Terpadu Paya Ilang, Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah

Sopir Dites Urine
Sopir angkutan umum di Terminal Batoh, Banda Aceh mengikuti tes urine dan kesehatan. SERAMBI/BUDI FATRIA 

* TIdak Ada Terlibat Narkoba

TAKENGON - Belasan sopir angkutan umum di Komplek Terminal Terpadu Paya Ilang, Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (12/6) malam, sekira pukul 19.30 WIB, mengikuti pemeriksaan kesehatan serta tes urine. Dari hasil tes, ternyata tidak ada sopir yang positif narkoba, tetapi seluruhnya negatif atau tidak ada yang terlibat narkoba.

Pemeriksaan itu untuk mengantisipasi sopir angkutan umum mengkonsumsi obat terlarang. Kesehatan para sopir angkutan umum juga diperiksa untuk memastikan kondisi alam keadaan sehat ketika mengangkut para penumpang,. apalagi menjelang mudik lebaran, sehingga jumlah penumpang meningkat dibandingan hari biasa.

Dalam proses tes urine dan pemeriksaan kesehatan, para sopir angkutan umum antarprovinsi itu, melibatkan sejumlah pihak diantaranya Satlantas, Sat Narkoba, Dokkes Polres Aceh Tengah, Polisi Militer, BNK, Dishub dan Jasa Raharja.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun untuk memberi rasa aman dan nayaman penumpang saat berpergian menggunakan angkutan umum,” kata Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus yang ikut menyaksikan proses pemeriksaan urine sejumlah sopir di Komplek Terminal Terpadu Paya Ilang.

Apalagi, lanjut Firdaus, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, jumlah penumpang diperkirakan akan meningkat. Untuk itu, perlu dipastikan kondisi sopir, mulai dari kesehatan, serta tidak dalam keadaan pengaruh obat-obat terlarang ketika mengangkut penumpang.

“Termasuk juga, kondisi kendaraan harus baik, agar para penumpang bisa selamat sampai tujuan,” tuturnya. Sedangkan Kapolres Aceh Tengah, AKBP Hairajadi melalui Wakapolresnya, Kompol Warosidi megungkapkan, dari belasan sopir yang mengikuti urine, tidak ditemukan adanya sopir yang terindikasi mengkonsumsi narkoba.

“Setelah diperiksa, langsung ketahuan hasilnya. Dan semuanya negatif, tidak ada indikasi sopir mengkomsi narkoba,” kata Warosidi. Ditambahkan Warosidi, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait, sudah melakukan berbagai upaya agar proses arus mudik bisa berjalan dengan baik. Termasuk juga, untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bukan hanya sopir utama yang di tes urine, sopir cadangan juga mengikuti tes ini. Selain itu, kondisi kesehatan, kendaraan serta kelengkapan surat kendaraan juga diperiksa,” pungkas Wakapolres Aceh Tengah, didampingi Kasat Lantas Iptu Rina Bintar Handayani.(my)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help