Idul Fitri 1439 H

Muslim di China Laksanakan Shalat Idul Fitri Besok

Pantauan Serambinews.com, Jumat (15/06/2018) Jalanan di kawasan kampus terlihat ramai seperti hari biasanya.

Muslim di China Laksanakan Shalat Idul Fitri Besok
SERAMBINEWS.COM/RA KARAMULLAH
Mahasiswa asal Indonesia di Kota Wuhan sedang berkumpul di depan Masjid Ma Jia Zhuang kota Wuhan, Provinsi Hubei China, Jumat (15/06/2018). Kebiasaan berkumpul usai shalat jumat sering mereka lakukan. 

Laporan RA Karamullah | Hubei China

SERAMBINEWS.COM, WUHAN - Menyambut Idul Fitri di Wuhan China tidak semeriah di Aceh atau di Indonesia umumnya. Wuhan yang juga identik dengan kota pelajar ini, terdapat Muslim dari berbagai negara yang kuliah di sini.

Pantauan Serambinews.com, Jumat (15/06/2018) Jalanan di kawasan kampus terlihat ramai seperti hari biasanya.

Tidak ada dekorasi-dekorasi menyambut idul fitri selayaknya kampung di Aceh.

Dikarenakan beberapa mahasiswa muslim juga memasuki ruangan belajar karena tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Umat Muslim di Kota Wuhan sedang shalat Jumat di Masjid Ma Jia Zhuang kota Wuhan, Provinsi Hubei China, Jumat (15/06/2018).
Umat Muslim di Kota Wuhan sedang shalat Jumat di Masjid Ma Jia Zhuang kota Wuhan, Provinsi Hubei China, Jumat (15/06/2018). (SERAMBINEWS.COM/RA KARAMULLAH)

Baca: Wuhan, Kota yang Tiap Hari Berbeda

Seperti disampaikan oleh khatib Jumat tadi, bahwa ummat muslim yang berada di China dapat mengikuti shalat Id di masjid-masjid yang ditetapkan pada hari Sabtu (16/06/2018) dan tidak boleh didahulukan selain waktu tersebut.

Hanif (28) Mahasiswa Jurusan Transportasi di Wuhan University of Technology, mengaku ia sangat senang dapat berlebaran disini seperti tiga tahun sebelumnya.

Karena dapat berkumpul dan bertemu teman-teman muslim international di masjid.

Baca: Kentalnya Persaudaraan Muslim di Wuhan

Hanif menambahkan, "shalat id dilakukan telat sehari karena harus menunggu izin dari pemerintah China. Dan itu berjalan dengan lancar seperti tahun sebelumnya."

Umat Muslim di Kota Wuhan sedang berkumpul di depan Masjid Ma Jia Zhuang Kota Wuhan, Provinsi Hubei China, Jumat (15/06/2018). Kebiasaan berkumpul usai shalat jumat sering mereka lakukan.
Umat Muslim di Kota Wuhan sedang berkumpul di depan Masjid Ma Jia Zhuang Kota Wuhan, Provinsi Hubei China, Jumat (15/06/2018). Kebiasaan berkumpul usai shalat jumat sering mereka lakukan. (SERAMBINEWS.COM/RA KARAMULLAH)

Untungnya Idul Fitri ini bertepatan pada hari Jum'at, jadi ummat muslim di kota Wuhan dapat bertemu dan shalat jumat di masjid yang hanya ada di Lima Masjid di kota Wuhan. (*)

Penulis: RA Karamullah
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved