Hari Ini Puncak Arus Balik

Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Aceh, Kombes Pol Hendro Wahyudin, mengatakan, puncak arus balik

Hari Ini Puncak Arus Balik
MISBAHUL MUNAUWAR

* Polda Imbau Masyarakat Berhati-hati

BANDA ACEH - Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Aceh, Kombes Pol Hendro Wahyudin, mengatakan, puncak arus balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah di Aceh akan terjadi sejak Rabu (20/6) hari ini hingga Kamis (21/6) besok.

Hal itu dipastikan Kombes Pol Hendro, mengingat mulai Kamis, seluruh aktivitas perkantoran di Banda Aceh dan daerah-daerah lain sudah aktif kembali. Otomatis, lanjutnya, semua pakerja yang mudik ke kampung halaman akan kembali ke Banda Aceh.

“Bisa jadi tanggal 19 dan 20 Juni, perkiraannya begitu, besok (hari ini) atau lusa (besok), karena hari Kamis kita sudah masuk kan? Kantor sudah aktif lagi. Mungkin pun, mulai hari ini sudah mulai bergerak kembali ke Banda Aceh atau daerah-daerah lainnya,” kata Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Hendro Wahyudin saat diwawancarai Serambi, Selasa (19/6).

Oleh sebab itu, Kombes Pol Hendro Wahyudin mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengutamakan keselamatan saat berlalulintas kembali ke tempat aktivitas masing-masing. Dia meminta masyarakat Aceh untuk tetap berhati-hati.

“Utamakan keselamatan. Perhatikan juga para pengguna jalan lainnya. Cek kesiapan kendaraan dan cek juga kesehatan pribadi sebelum melakukan perjalanan kembali,” imbau Wahyudin.

Dia juga mengatakan, pihaknya bersama TNI dan instansi terkait akan tetap mengawal kelancaran lalu lintas hingga selesainya Operasi Ketupat Rencong 2018.

Sebagaimana diketahui, operasi yang melibatkan personel gabungan ini dimulai sejak 7 hingga 24 Juni mendatang. Adapun personel yang dilibatkan dalam operasi kali ini sebanyak 2.745 personel, terdiri atas 999 personel polisi, dan 1.746 personel gabungan lainnya, seperti TNI, Dinas Perhubungan, dan lain-lainnya.

Dia juga mengatakan, arus lalu lintas di Aceh hingga kemarin masih terlihat ramai dan lancar tanpa ada kemacetan yang berarti. Hanya saja di beberapa daerah sempat terjadi antrean kendaran, karena di sana terdapat destinasi wisata.

“Karena masyarakat ramai-ramai ke lokasi wisata itu, jadi banyak kendaraan mengantre. Atau jika ada insiden kecelakaan, mobil mogok. Kalau yang macet parah itu belum terlihat, masih ramai dan lancar,” pungkas Kombes Pol Hendro Wahyudin.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Misbahul Munauwar menyebutkan, selama Operasi Ketupat Rencong hingga saat ini, angka laka lantas, seperti korban meninggal, luka berat, luka ringan relatif menurun dibandingkan dengan tahun 2017. Dia juga menyebutkan, arus mudik dan arus balik masyarakat aman dan lancar.

“Ini semua berkat kerja sama semua instansi yang terlibat operasi dan juga berkat ketaatan serta kepatuhan semua masyarakat terhadap ketentuan yang ada sehingga membuat nyaman dan aman dalam perjalanan,” kata Misbah.

Kombes Pol Misbahul Munauwar juga menyebutkan, sebagaimana imbauan Kapolda Aceh pada saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Rencong beberapa waktu lalu di Mapolda Aceh, menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya pengelolaan arus mudik yang berjalan baik dan memberi apresiai kepada semua anggota yang saat ini masih berada di lapangan atau di jalan-jalan.

“Yang masih bertugas untuk mengamankan arus balik, semoga semua berjalan lancar, aman dan tertib sampai kembali ke tempat masing-masing,” pungkas Kombes Pol Misbahul Munauwar.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help