Polsek Buka Pelayanan Online

Polsek Meurah Mulia, Polres Lhokseumawe, mulai memberikan pelayanan secara online kepada masyarakat

Polsek Buka Pelayanan Online
KAPOLSEK Meurah Mulia Polres Lhokseumawe Iptu Boestani SH MH bersama personelnya meninjau baliho yang menginformasikan tentang pelayanan secara online yang akan dilakukan pihaknya terhadap masyarakat. Foto direkam Selasa (19/5).

* Laporan Kehilangan Bisa Lewat WA
* Surat Diantar ke Rumah Warga

LHOKSEUMAWE - Polsek Meurah Mulia, Polres Lhokseumawe, mulai memberikan pelayanan secara online kepada masyarakat pada pekan ini. Warga yang ingin melaporkan kehilangan dan membutuhkan surat keterangan polisi, bisa mengajukan permohonan melalui email atau WhatsApp (WA). Pihak Polsek akan mengantarkan ke rumah warga surat yang dibutuhkan tersebut.

Untuk menginformasikan masyarakat tentang pelayanan inovatif ini, Polsek Meurah Mulia telah menyebarkan selebaran ke seluruh gampong dan juga memasang sejumlah baliho di tempat-tempat strategis.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, melalui Kapolsek Meurah Mulia Iptu Boestani SH MH, kemarin, menyebutkan, pelayanan secara online dilakukan pihaknya dalam rangka mewujudkan program Kapolri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya atau disebut Promoter. Disamping itu, pelayanan secara online ini juga salah satu solusi bagi warga yang selama ini terhambat letak geografis. “Karena ada desa di tempat kami yang jarak tempuh ke Polsek bisa mencapai tiga jam lebih. Oleh karena itulah program ini sangat membantu mereka,” ujar Boestani.

Dikatakan, dengan adanya pelayanan secara online, masyarakat yang membutuhkan pelayanan cukup mengirim pesan ke WhatsApp atau email. Dicontohkan, bila ada warga yang membutuhkan surat rekomendasi pembuatan SKCK, maka hanya perlu mengirim data diri, foto kopi KTP, KK, dan surat rekomendasi dari keuchik, melalui WhatsApp atau email. Saat surat sudah selesai dibuat, maka Bhabinkantibmas akan langsung mengantar ke rumah masyarakat tersebut. “Pastinya gratis, tanpa dipungut biaya apa pun,” tegas Iptu Boestani.

Dia juga menyontohkan warga yang kehilangan barang, cukup membuat kronologis kejadian, selanjutnya penyidik didampingi Bhabinkantibmas akan mendatangi lokasi. Korban juga akan dimintai keterangan di rumahnya. “Sejumlah pelayanan lainnya tetap akan kita layani secara online. Ini untuk mewujudkan pelayanan prima terhadap masyarakat kami,” jelasnya.

Nomor WhatsApp yang bisa dihubungi warga dalam wilayah hukum Polsek Meurah Mulia adalah 081261650225 dan email sekmulia2017@gmail.com.(bah).

Iptu Boestani menyebutkan, saat ini jumlah penduduk Meurah Mulia mencapai 22 ribu jiwa yang tersebar di 50 gampong. Sedangkan personel yang ditugaskan melayani langsung masyarakat ke gampong-gampong pada program ini sebanyak 15 orang. “Setiap personel membawahi tiga sampai empat gampong. Sedangkan biaya operasional tersedia dari dana operasional Polsek. Bila kurang, kita swadaya,” ujarnya.

Disamping itu, dia memastikan layanan online lewat WhatsApp atau email berlangsung 24 jam. Setelah masyarakat mengirim pesan permohonan, paling lambat dalam dua menit akan langsung mendapatkan respons dari operator. Selanjutnya masyarakat akan diminta melengkapi berkas yang dibutuhkan. “Misalnya, untuk pembuatan rekomendasi SKCK. Bila berkas sudah lengkap, maka dalam lima menit surat telah siap, dan akan langsung diantar oleh personel kami ke rumah warga tersebut,” paparnya.

Ditambahkan, bila memang diduga adanya laporan palsu ataupun permohonan palsu, maka terlebih dahulu pihaknya akan berkomunikasi dengan pemilik nomor atau pengirim dan dilanjutkan komunikasi dengan keuchik gampong setempat. “Saya pastikan program dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat ini terus berjalan secara maksimal di Meurah Mulia,” katanya optimis.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved