Sempat Terkendala Kendaraan yang Menumpuk, Petugas Akhirnya Bersihkan Pelabuhan Ulee Lheue

Kondisi pelabuhan yang dipenuhi kendaraan yang menumpuk membuat petugas kesulitan mengangkut sampah dalam beberapa hari terakhir.

Sempat Terkendala Kendaraan yang Menumpuk, Petugas Akhirnya Bersihkan Pelabuhan Ulee Lheue
ist
Petugas dari DLHK3 Banda Aceh seusai membersihkan tumpukan sampah di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Rabu (20/6/2018). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sejumlah petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh akhirnya mampu membersihkan tumpukan sampah di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Rabu (20/6/2018).

Kondisi pelabuhan yang dipenuhi kendaraan yang menumpuk membuat petugas kesulitan mengangkut sampah dalam beberapa hari terakhir.

Hal itu diungkapkan Kepala DLHK3 Banda Aceh, Drs T Samsuar MSi kepada Serambinews.com, Rabu (20/6/2018). Dia mengaku bahwa proses pengangkutan sampah di Pelabuhan Ulee Lheue sempat terkendala akibat halaman pelabuhan dipenuhi kendaraan yang belum terangkut kapal.

Baca: Sempat Dipenuhi Sampah, Pantai Cemara Indah Aceh Singkil Kembali Memesona

Kondisi itu, lanjut Samsuar, cukup menyulitkan petugas untuk mengangkut sampah yang berada di dalam pelabuhan, sementara truk sampah DLHK3 tak bisa masuk.

“Jangankan untuk mengangkut, truk sampah kami tidak bisa masuk ke dalam pelabuhan karena kondisinya centang perenang. Jadi yang bisa terangkut belakangan ini cuma sedikit saja,” jelas dia.

Samsuar mengatakan, kondisi pelabuhan baru agak lega pada hari keenam Lebaran, Rabu (20/6). Petugas DLHK3 berhasil memasukkan mobil pikap ke halaman Pelabuhan Ulee Lheue untuk mengangkut tumpukan sampah tersebut.

Baca: Taman Ulee Lheue tak Terawat

Samsuar juga menjelaskan bahwa sampah yang berada di dalam pelabuhan seharusnya menjadi tanggungjawab pihak pelabuhan.

Menurutnya, pola pengangkutan sampah yang benar yaitu pihak pelabuhan mengumpulkan sampah di dalam kontainer pelabuhan, lalu petugas DLHK3 yang mengangkut sampah itu ke TPA Gampong Jawa. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved