Tafakur

Belajar dari Lautan

Banyak ilmu dititipkan pada alam, seperti pada lautan. Bagi orang-orang yang menyempatkan diri memikirkannya

Belajar dari Lautan

Oleh: Jarjani Usman

Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman (QS. Al-Jaatsiyah: 4).

Banyak ilmu dititipkan pada alam, seperti pada lautan. Bagi orang-orang yang menyempatkan diri memikirkannya, akan tergambar tentang suatu suasana yang menenangkan dan melapangkan pikiran, di samping sebagai muara bagi tumpahan air yang mengalir dari daratan, sebagai tempat berbagai ikan dan binatang lain mencari penghidupan, sebagai jalan laut bagi manusia, serta sebagai sumber rezeki bagi manusia.

Begitu besar peranan yang bisa dilakukan setiap insan yang menjadikan diri laksana sebuah lautan. Akan berusaha bijak dengan segenap ilmunya untuk memberi ketenangan kepada orang-orang yang sedang galau pikirannya. Akan tetap bersabar meskipun banyak masalah kehidupan ini ditumpahkan kepadanya. Akan menjadikan kemampuannya sebagai pencerahan bagi hamba-hamba yang mencari kehidupan yang layak. Akan memudahkan manusia dalam melayari kehidupan ini sesuai dengan kemampuannya. Juga akan menjadikan kekuasaan, harta, ilmu, dan kebijaksanaanya sebagai sumber rezeki bagi kebanyakan manusia, tanpa membeda-bedakan.

Bukan hanya itu, orang-orang yang laksana lautan akan mampu bergejolak sekuat-kuatnya di saat diperlukan. Seperti untuk kepentingan menegakkan yang makruf dan mencegah segala kemungkaran. Sebab, diam ketika melihat yang makruf tidak ditegakkan dan kemungkaran tak dicegah bisa jadi pertanda lemahnya iman atau bahkan mendukungnya dengan cara membiarkannya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved