Dibuka, Seleksi Panwaslih Kabupaten/Kota Se-Aceh

Terhitung 22 Juni 2018, Tim Seleksi Calon Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten/Kota Provinsi Aceh

Dibuka, Seleksi Panwaslih Kabupaten/Kota Se-Aceh
SERAMBINEWS.COM/SARI MULIYASNO
KETUA Komisi A DPRK Simeulue, Sunardi, mengawasi pelaksanaan tes tulis peserta calon anggota panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Simeulue, yang berlangsung di gedung DPRK setempat, Rabu (16/3/2016). Sebanyak 18 peserta ikut berkompetisi secara terbuka dalam rekruitmen Panwaslih Simeulue. 

BANDA ACEH - Terhitung 22 Juni 2018, Tim Seleksi Calon Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten/Kota Provinsi Aceh mulai membuka pendaftaran bagi warga Aceh yang berminat terlibat sebagai penyelenggara pemilu. Persyaratan lengkapnya sudah diiklankan di halaman 3 Harian Serambi Indonesia edisi Kamis (22/6/2018).

“Seleksi ini merupakan proses yang dituntut oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umumbahwa maksimal setahun setelah undang-undang itu disahkan lembaga pengawas pemilu hingga tingkat kabupaten/kota sudah dibentuk menjadi lembaga permanen,” kata Ketua Tim Seleksi Calon Komisioner Panwaslih Regional II Aceh, Teuku Kemal Fasya MHum, kepada Serambi di Banda Aceh tadi malam.

Menurut Kemal Fasya, proses seleksi ini juga akan mengevaluasi keberadaan komisioner panwaslih kabupaten/kota yang akan berkompetisi dengan pendatang baru untuk membangun kultur demokrasi yang sehat, ketika peran pengawasan kepemiluan menjadi mutlak dan utama.

“Proses ini dibuat sesederhana dan sehemat mungkin sehingga membuka partisipasi yang luas. Bagi yang telah berumur 30 tahun, minimal tamat SMA atau sederajat, dan tidak terlibat dalam partai politik dalam lima tahun terakhir kami persilakan mendaftar,” kata Kemal.

Dosen Antropologi pada FISIP Universitas Malikussaleh, Aceh Utara ini menyebutkan, untuk kelancaran seleksi, tim seleksi yang diinisiasi Bawaslu RI dibagi ke dalam dua regional. Wilayah kerja I meliputi Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Simeulue, Aceh Selatan, Kota Subulussalam, dan Aceh Singkil.

Wilayah kerja regional II meliputi Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

Timsel Region I, kata Kemal, diketuai Dr Marty Mawarpuri dan sekretarisnya Aryos Nivada MA. Untuk region II dipimpin Teuku Kemal Fasya MHum, sedangkansekretarisnya Dr Wirdyaningsih. (dik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved