BPKK-Bank Aceh Luncurkan ‘Mi Abang’

Badan Pengelolaan Keuangan Kota (BPKK) Banda Aceh bekerja sama PT Bank Aceh Syariah meluncurkan

BPKK-Bank Aceh Luncurkan ‘Mi Abang’
H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM. Wali Kota Banda Aceh

BANDA ACEH - Badan Pengelolaan Keuangan Kota (BPKK) Banda Aceh bekerja sama PT Bank Aceh Syariah meluncurkan aplikasi Mobile Informasi Anggaran Banda Aceh Gemilang (Mi Abang), Jumat (22/6). Aplikasi tersebut didesain untuk menyampaikan informasi anggaran di Pemerintahan Kota (Pemko) Banda Aceh yang dapat diakses oleh publik melalui smartphone.

Project Leader Pengembangan Aplikasi Mi Abang, Muhammad Shaleh dalam siaran pers yang diterima Serambi, Senin (25/6) menyampaikan aplikasi tersebut untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas data oleh para pengambil kebijakan anggaran di Pemko, sekaligus mengakomodir kebutuhan data evaluasi dan penelitian yang berhubungan dengan penganggaran dalam format grafis dan tabulasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Ia menjelaskan aplikasi Mi Abang ini memiliki tiga modul. Pertama, modul informasi anggaran, yang dapat diakses bebas oleh publik dan sangat bermanfaat sebagai referensi penelitian, khususnya bagi mahasiswa. Data yang disajikan meliputi grafik perbandingan anggaran 9 tahun terakhir, tabel ringkasan APBK pertahun anggaran, tabel ringkasan APBK menurut urusan dan organisasi, serta tabel ringkasan RKA, DPA, DPPA SKPD dan PPKD.

Kedua, modul realisasi anggaran menyajikan hasil dari integrasi data dengan aplikasi cash management system (CMS) Bank Aceh berupa informasi tabel, dan grafik realisasi pendapatan dan belanja SKPD serta informasi proses pencairan dana SP2D secara real time. Ketiga, modul penyusunan anggaran, modul ini hanya dapat diakses dengan menggunakan Userid dan Password.

“Hal itu mengingat data yang disajikan adalah data analisis anggaran yang masih dalam proses penyusunan sehingga belum bisa dikonsumsi oleh publik,” ujarnya.

Muhammad Shaleh menambahkan aplikasi itu juga memiliki fitur untuk penyampaian kritik, dan saran berbasis email sehingga pengguna dapat berkontribusi dalam pengembangan dan peyempurnaan aplikasi ini ke depannya. “Bagi pengguna smartphone berbasis android, aplikasi ini dapat didownload secara gratis melalui google play store,” sebutnya.

Sementara Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan dengan adanya sinergi antara Pemko dengan Bank Aceh, khususnya dalam peluncuran aplikasi Mi Abang ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, mempermudah dan mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan kemudahan teknologi.

Kepala BPKK Banda Aceh, Purnama Karya juga menyebutkan ke depan aplikasi tersebut akan terus disempurnakan dan dikembangkan agar dapat segera diakses oleh pengguna smartphone berbasis IOS.

Pimpinan PT Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional (KPO) Banda Aceh, Fadhil Ilyas menambahkan pihaknya mendukung digitalisasi yang dilakukan Pemko Banda Aceh dalam rangka mengembangkan metode pengelolaan kas daerah baik pendapatan daerah maupun pengeluaran daerah.

Dikatakan, aplikasi Mi Abang yang menggunakan inovasi teknologi berbasis aplikasi mobile merupakan salah satu program untuk mensukseskan program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Pihaknya juga akan terus mendukung pengembangan daerah, satu diantaranya digitalisasi pengelolaan keuangan Pemko Banda Aceh. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help