Pleno Gabungan Tetapkan 44 Voters  

Pleno gabungan pemegang mandat pelaksana Kongres PSSI Aceh, Sabtu (23/6), memutuskan sebanyak 44 pemilik

Pleno Gabungan Tetapkan 44 Voters   
PESERTA Kongres PSSI Aceh 2018 berfoto bersama 

* Jelang Kongres PSSI Aceh

BANDA ACEH - Pleno gabungan pemegang mandat pelaksana Kongres PSSI Aceh, Sabtu (23/6), memutuskan sebanyak 44 pemilik suara (voters) terdata, menjelang dilaksanakannya Kongres PSSI Aceh awal Agustus 2018 di Banda Aceh.

Ketua Komite Bersama (KB), M Nasir MPA yang didampingi Ketua Komite Pemilihan (KP) Nuzuli MS, kemarin mengatakan, jumlah voters itu terdata saat pleno, dengan mengacu kepada statuta PSSI. Pemilik hak suara itu terdiri atas Asosiasi Kabupaten (Askab), Asosiasi Kota (Askot) PSSI di seluruh Aceh, klub, asosiasi wasit, dan futsal.

Lebih jauh dirincikan, jumlah voters itu mencakup 23 Askab/Askot PSSI di Aceh, 19 klub serta dua asosiasi. Voter klub yang telah terdata oleh pleno gabungan itu--sesuai statuta PSSI tahun 2014 dan 2018--adalah Persada Blangpidie, Persal Aceh Selatan, Persidi Idi, Aceh Utara FC, Persip Pasee, PS Peureulak Raya, PS Pidie Jaya, PS Gayo Lues, PSAB Aceh Besar, PSAU Aceh Utara, PSLS Lhokseumawe, Pesat Kutacane, Persimura Beureunuen, Persitas Aceh Tengah, PSKBS Kuta Binje, PSSB Bireuen, PSAP Pidie, Kuala Nanggroe FC, dan Aceh United FC. Sedangkan dua voters dari asosiasi adalah dari asosiasi futsal dan asosiasi wasit.

Secara umum, jumlah klub dan askab/askot serta asosiasi yang mengikuti kongres dengan status peserta mencapai 47 klub, 23 askab/askot, serta dua asosiasi. Hanya saja peserta belum tentu memiliki hak suara.

Pendataan voters itu juga mengacu kepada keikutsertaan klub pada kompetisi di tahun berjalan, tepatnya tahun 2017. “Kami punya data klub peserta kompetisi itu dari para wasit, serta pihak terkait yang diverifikasi,” ujar M Nasir MPA yang juga Sekjen KONI Aceh.

Sesuai statuta, pemilik voter adalah klub yang aktif berkompetisi, tercatat di PSSI. “Jika ada klub tak tercatat di PSSI, tapi berkompetisi atau klub tak berkompetisi namun tercatat di PSSI juga tak punya hak suara,” tutur Nuzuli yang dibenarkan oleh semua personil Komite Pemilihan (KP), kemarin.

Lebih jauh M Nasir berharap agar persoalan voter harus sudah clear sebelum hari H Kongres. Karenanya, para klub yang merasa punya potensi sebagai voter, namun tak terdata, bisa menghubungi pihak Komite Bersama di Sekretariat KONI Aceh, secepatnya. “Kami tak melayani komplain pada saat hari H, karena hari itu semua telah clear dan hanya punya agenda untuk pemilihan Ketua, Wakil Ketua dan Exco PSSI Aceh,” tandas Nasir yang mendapat mandat dari Ketua KONI Aceh, untuk menjadi Ketua Komite Bersama.

PADA bagian lain, Nasir dan Nuzuli memaparkan, pelaksanaan Kongres PSSI Aceh itu bergeser satu hari dari jadwal semula tanggal 31 Juni 2018. Hari H itu bergeser menjadi tanggal 1 Agustus 2018 di Banda Aceh.

Pergeseran tersebut karena tangaal 29 Juli ada kegiatan marathon internasional di Aceh. Selain itu juga ada kegiatan Api Asian Games (Asian Games Torch) di Aceh tanggal 31 Juli 2018. Karenanyqa diambil kesimpulan jika pelaksanaan Kongres PSSI Aceh tanggal 1 Agustus 2018.

Pihak KB dan KP juga akan menaggil secara tertulis klub yang menjadi voters hingga batas tanggal 31 Juni mendatang. Setelah itu dimulai dengan pengumuman pendaftaran bakal calon, Ketua/Wakil Ketua dan Exco, dengan mengisi formulir di Sekretariat KONI Aceh setiap hari kerja mulai 25 Juni hingga 10 Juli).

Pihak KB dan KP akan melakukan verifikasi dokumen hingga mengumumkan hasil verifikasi 16 Juli 2018. Selain itu diberikan hak pengajuan banding bagi para bakal calon, melalui Komite Banding Pemilihan (KBP) yang diketuai oleh Kurniawan LLM. “24 Juli kita umumkan secara final bakal calon Ketua Umum/Wakil Ketua dan Exco,” tegas Nasir. “Setelah itu kita tinggal menunggu hari H, dan tak ada lagi komplain yang akan dilayani, termasuk dalam hal voters. Hari H hanya diisi dengan pembacaan Tatib dan Pemilihan,” tandas M Nasir.(nur)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help