8 Balon DPD Penuhi Syarat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual perseorangan

8 Balon DPD Penuhi Syarat
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menarik sampel bakal calon DPD RI untuk diverifikasi faktual dalam rapat pleno terbuka di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Senin (28/5/2018). 

* Hasil Verifikasi Faktual Dukungan KTP

BANDA ACEH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual perseorangan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Aceh. Rapat tersebut berlangsung di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Kamis (28/6).

Dari pleno hasil verifikasi faktual dinyatakan, delapan dari 27 calon anggota DPD memenuhi syarat (MS). Sedangkan 19 calon anggota DPD dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Rapat pleno itu dilaksanakan oleh anggota KPU RI, Ilham Saputra, Wawan Setiawan, Hasyim Asy’ari, Viryan, dan Evi Novida Ginting Manik. Turut hadir 23 KIP kabupaten/kota, Panwaslih Aceh, dan 27 calon anggota DPD RI serta Sekretaris KIP Aceh, Darmansyah.

KPU mengambil alih KIP Aceh karena hingga kini anggota KIP Aceh periode 2018-2023 hasil rekrutmen DPRA belum dilantik oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Karena itu, KPU akan melaksanakan tahapan Pemilu sampai dilantiknya anggota KIP yang baru.

Hasyim menyampaikan, rekapitulasi hasil verifikasi faktual diperoleh berdasarkan verifikasi terhadap jumlah dukungan minimal 2.000 foto kopi KTP dengan sebaran minimal 12 kabupaten/kota.

Dari hasil verifikasi ditemukan adanya calon anggota DPD yang belum mencukupi syarat dukungan. Tapi, lanjutnya, bagi mereka yang belum memenuhi syarat masih diberi kesempatan untuk memperbaiki syarat dukungan hingga 21-24 Juli 2018.

“Yang belum memenuhi syarat dapat memperbaiki berkas dukungan bersamaan dengan jadwal pendaftaran calon DPD dengan menyertakan berita acara rekapitulasi hasil verifikasi faktual DPD,” ujar Hasyim.

Hasyim Asy’ari juga menyampaikan bahwa pendaftaran calon DPD akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 Juli 2018. Setelah itu dilaksanakan verifikasi administrasi berkas calon DPD oleh KIP Aceh pada 12-18 Juli 2018.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved