Tafakur

Membantu Pemimpin

Seorang muslim wajib mendengar dan taat dalam perkara yang dia sukai atau benci selama tidak diperintahkan

Membantu Pemimpin

Oleh: Jarjani Usman

“Seorang muslim wajib mendengar dan taat dalam perkara yang dia sukai atau benci selama tidak diperintahkan untuk bermaksiat. Apabila diperintahkan untuk bermaksiat, maka tidak ada kewajiban mendengar dan taat” (HR. Bukhari).

Tak ada yang sempurna pada seorang pemimpin, apalagi dalam menghadapi rakyat banyak yang sangat beragam keinginan, kebutuhan dan pandangannya. Di samping itu, pemimpin juga manusia biasa, yang bisa lupa atau silap. Karena itu, seorang pemimpin harus dibantu dan merasa diri perlu bantuan dalam bekerja.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan rakyat banyak memang tak mudah, sehingga membutuhkan pikiran ekstra, inovasi yang tinggi, kesabaran yang luar biasa, pengalaman, dan tentunya kemauan untuk bekerja sama. Hal ini mendapat perhatian dalam Islam. Contohnya, Allah berjanji akan memberi pahala berlipat ganda kepada pemimpin yang benar-benar memikirkan rakyatnya.

Islam juga mengajak untuk membantu dan mematuhi pemimpin, terlepas dari mana ia berasal. Rasulullah SAW bersabda, “Saya memberi wasiat kepada kalian agar tetap bertakwa kepada Allah `azza wa jalla, tetap mendengar dan taat walaupun yang memerintah kalian seorang hamba sahaya (budak)”. (HR. Abu Daud & At Tirmidzi). Dalam konteks sekarang, banyak pemimpin berasal dari berbagai partai politik, yang sebahagiannya mungkin berlawanan dengan partai yang kita inginkan menang.

Namun demikian, setiap orang harus mampu keluar dari sekat-sekat kepentingan partainya ketika terpilih menjadi pemimpin rakyat banyak. Bila tidak, maka akan sulit berbuat adil, terutama dalam menempatkan orang-orang yang bekerja sesuai kemampuannya agar terbantu dalam bekerja untuk kepentingan rakyat banyak. Singkatnya, yang tidak berlaku adil, misalnya mengutamakan orang-orang sedaerahnya, sama dengan mengingkari ajaran Islam.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help