YARA Gugat Azizi ke Pengadilan

Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Kamis (28/6) resmi menggugat PT Azizi Tour Aceh Barat terkait

YARA Gugat Azizi ke Pengadilan
PIMPINAN Azizi Tour Aceh Barat, Hj Cut Mega Putri, keluar dari ruang sidang PN Meulaboh, Kamis (3/5). Terdakwa kasus penipuan 164 calon jamaah umrah ini divonis 3 tahun penjara. 

* Kasus Penipuan 164 Calon Jamaah Umrah

MEULABOH - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Kamis (28/6) resmi menggugat PT Azizi Tour Aceh Barat terkait kasus penipuan terhadap 164 calon jamaah umrah di Aceh Barat.

Gugatan didaftarkan YARA sebagai kuasa hukum korban ke Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh setelah pimpinan Azizi Hj Cut Mega Putri divonis 3 tahun penjara. Gugatan ganti rugi yang didaftar kemarin dilakukan para korban.

Hingga kemarin yang baru mendaftar baru 29 orang dari 164 korban. Pendaftaran ke PN didampingi Koordinator YARA Aceh Barat Hamdani dan tiga staf YARA Yudhistira Maulana, Muzakir, dan Malem Budiman.

Adapun poin gugatan oleh masing-masing korban yakni menuntut agar pihak Azizi membayar ganti rugi Rp 16 juta/orang, serta ganti rugi inmateri kepada penggugat Rp 50 juta/orang.

“Gugatan didaftarkan oleh korban masing-masing. Yang baru mendaftar sebanyak 29 orang. Yang lain menyusul,” kata Koordinator YARA Hamdani kepada Serambi kemarin.

Menurutnya melalui gugatan tersebut para korban berharap mendapat kembali uang yang telah disetor kepada pihak Azizi yang semula untuk biaya keberangkatan ke Tanah Suci.

Dikatakannya para korban ada yang mengumpulkan dana untuk ke Tanah Suci dengan menjual kerbau, tanah, menabung dan lainnya. Namun korban sangat kecewa karena apa yang mereka rencanakan tidak terwujud, malah menjadi korban penipuan.

“Harapan kita Pengadilan Negeri dapat menerima gugatan ganti rugi sehingga dapat mengembalikan uang korban yang telah disetor ke pihak Azizi,” kata Hamdani.

Selain itu pihak YARA juga mempertanyakan terkait belum turunnya putusan banding dari Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh terhadap kasus pidana pimpinan Azizi Tour Aceh Barat Hj Cut Mega Putri. “Kami meminta segera adanya putusan banding. Sudah lama kasus itu (divonis),” kata Hamdani.

Seperti diberitakan majelis hakim PN Meulaboh Aceh Barat menjatuhi hukuman tiga tahun penjara kepada Hj Cut Mega Putri (50), pimpinan PT Azizi Tour Perwakilan Aceh Barat dalam perkara dugaan penipuan terhadap 164 calon jamaah umrah, Kamis 3 Mei 2018.

Vonis tersebut sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Aceh Barat. Namun terdakwa menyatakan banding ke PT Banda Aceh, sedangkan tervonis kini ditahan di LP Kelas IIB Meulaboh.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved